Kenderaan yang disekitar TKP didekat Pabrik Karet di desa Logas Hilir. ( isa )

Jalan Amblas Teluk Kuantan-Pekanbaru Amblas, Kenderaan Terjebak Antre

Minggu,10 Februari 2013 - 09:48:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

 

TELUK KUANTAN - Akibat jalan negara yang menghubungkan Teluk Kuantan -
Pekanbaru sekaligus jalur lintas tengah Sumatera di desa Logas Hilir
Kecamatan Singingi amblas, membuat kemacetan panjang. Seluruh kenderaan harus melewati jalan alternatif dan antre.
Dari pantauan jalan amblas tersebut terjadi tepat di dekat PT Crumb Rubber  Andalas Agro Lestari. Penyebabnya gorong-gorong jalan negara di lokasi ini pecah akibat digerus air akibat hujan lebat
selama beberapa hari. Sebelumnya di lokasi ini bagi yang sering lewat aspal juga semakin turun. Gerusan air yang kuat membuat tanah penahan gorong hanyut terbawa air dan sekaligus gorong-gorong pecah sehingga
aspal juga jatuh dan terbawa arus sehingga menimbulkan lobang sekitar 3meter. Akibatnya jalan dilokasi ini tak bisa dilewati sama sekali sampai ada perbaikan.
Untung saja di dekat jalan yang amblas itu ada jalan tanah disamping PT Andalas Agro Lestari yang masih dapat digunakan kenderaan lewat. Tapi kenderaan harus terlebih dahulu antri. Kenderaan dari arah Teluk
Kuantan ke Pekanbaru dan sebaliknya harus  bergiliran melewati jalan dengan lebar kurang lebih 4 meter dengan sisi pabrik dan rawan.
Dikhawatirkan jalan alternatif ini tidak akan bertahan lama jika jalan ini tidak diperbaiki segera diperbaiki menunggu perbaikan jalan yang amblas. Karena jalan alternatif tersebut merupakan jalan tanah yang cukup labil.
Tak ayal akibat kejadian ini terlihat antrean kenderaan lebih kurang 1 sampai dengan 2 kilometer. mereka menunggu giliran untuk memasuki jalan alternatif, padahal diketahui ruas jalan ini cukup sibuk karena menghubungkan Kuansing dengan Pekanbaru dan kenderaan lintas Sumatera dan pulau Jawa.Lagipula kadang-kadang ada kenderaan yang terpuruk, antre menjadi lama.
Bagi sopir yang tidak ingin terjebak antre, seperti sopir travel yang membawa penumpang mereka menggunakan jalur alternatif lain. Bagi yang dari Pekanbaru belok ke Simpang Sambung, Sungai Bawang, Sungai Keranji dan Sumber Datar lantas keluar dekat Mesjid Logas. Sebaliknya dari Teluk Kuantan keluar lagi di Simpang Sambung.
Camat Singingi HIlir, Zulkaneri, S.Sos membenarkan kejadian ini. Menurutnya, kejadian terjadi sekitar pukul 1 siang. Sebelumnya gorong-gorong sudah turun, namun amblas akibat hujan deras yang mengguyur lokasi kejadian. Melihat di lokasi ujarnya, tanah disekitar gorong-gorong terbawa air deras sehingga gorong-gorong bergeser dan patah, sehingga menimbulkan lubang besar sehingga jalan tak bisa dilalu. " Kejadian ini Kita sudah laporkan ke Kadis Bina Marga,"ujarnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT