Lukman Edy saat reses di Cerenti. ( ktc )

Lukman Edy : Kalau tak Ada Dana Desa, Ekonomi Riau Kolaps  

Selasa,15 Agustus 2017 - 10:37:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Ribuan warga Cerenti tumpah ruah memadati tanah lapang di Desa Kampung Baru untuk mengikuti reses anggota DPR RI Lukman Edy, Senin (14/8/2017) malam.

Turut hadir dalam acara ini ketua PKB Kuansing Musliadi SAg, Camat Cerenti Artha Melia SSTp, para Kades dan Lurah dan sejumlah tokoh masyarakat, agama serta masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut Camat Cerenti Artha Melia SSTp menyampaikan aspirasi masyarakat Cerenti di antaranya, kondisi ekonomi yang lesu dan banyaknya pengangguran. 

Selain itu, Camat juga menyampaikan perlunya Puskesmas rawat inap dan pembangunan turap sepanjang 300 meter di Desa Kampung Baru dan Pasar Cerenti. 

"Perlu juga alat-alat kesehatan, RKB masih kurang, alat komputer untuk perpustakaan dan alat-alat pertanian," katanya.

Menjawab aspirasi tersebut Lukman Edy menyampaikan ia akan berusaha memperjuangkan aspirasi tersebut sesuai dengan kapasitasnya.

"Kita kerja sama dengan pak Musliadi di DPRD kabupaten. Kita berbagi menjawab aspirasi itu, dimana yang jadi kewenangan kabupaten, provinsi dan pusat," ujarnya.

Menurutnya, ekonomi masyarakat saat ini tergantung dengan Pemkab dan Kades. Pasalnya, mereka yang mempunyai anggaran, Pemkab dengan APBDnya dan Pemdes dengan Dana Desa (DD).

"Kalau tak ada DD, ekonomi kita bisa parah atau pertumbuhan ekonomi nol," kata Lukman.

Dengan adanya DD, katanya, bisa membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya 2 persen.

"Saat ini ekonomi kita lebih sulit dari tahun 1998. Banyak pengangguran, sejumlah harga komoditas turun, seperti sawit, karet dan lain-lain. Ekonomi indonesia empat tahun terakhir memang tak ada pertumbuhan," katanya.

Namun ia menyayangkan potensi Dana Desa tersebut tak diambil Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini Gubri. Malah DD ditahan Gubri dan tidak disalurkan. 

"Tak tahu apa pertimbangannya, yang jelas kalau tak ada Dana Desa Riau bisa kolaps. Seharusnya ini menjadi perhatian Pemprov untuk menanggulangi krisis ekonomi sekarang ini," harap Lukman.

Di akhir reses, Lukman Edy juga sempat membantu sembilan jalur yang ada di kecamatan Cerenti sebesar Rp1 juta. Bantuan ini diharapkan bisa memotivasi jalur-jalur dari Cerenti menatap Pacu Jalur tingkat nasional.  ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Sukarmis: Promosi Wisata Kuansing Terbantu HPN

Kamis,12 Mei 2016
Sosial & Agama

214 JCH Kuansing Berangkat ke Tanah Suci

Rabu,03 Oktober 2012