Saling Manjujuik, Hilir Linggar Jati vs Ngiang Kuantan Cahayo Nagori Lepas Candu Menonton Warga

Saling Manjujuik, Hilir Linggar Jati vs Ngiang Kuantan Cahayo Nagori Lepas Candu Menonton Warga
Jalur Linggar Jati Adhyaksa Kuansing ( kiri ) vs NKCN ( kanan ) saat masuk finish. ( ktc)

SENTAJO RAYA - Pacu jalur kecamatan rayon IV hari kedua, Jumat ( 28/7/2017) tak kalah seru dengan partai final. Sejumlah hilir yang mempertemukan jalur-jalur unggulan benar-benar melepas candu menonton warga yang hadir di tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah.

 

Hilir yang mendapat perhatian penonton salah satunya antara juara rayon III  Ngiang Kuantan Cahayo Nagori ( NKCN ) dengan Linggar Jati Adhyaksa Kuansing sang penakluk jalur Siposan Rimbo dirayon III beberapa waktu lalu.

Sebelum mereka berpacu dilintasan, penonton yang memadati tepian ini dirundung rasa penasaran. Siapa ya yang bakal terkuat diantara keduanya.

Sejak meriam berdentum dipancang start, penonton pun merapat ketebing sungai Kuantan menyaksikan keduanya berpacu sedangkan yang ditribun pada berdiri. Terlihat percikan air yang muncrat akibat lajunya kedua pemacu mengayuh sementara ditebing sungai Kuantan terdengar gemuruh sorak sorai memberi dukungan pada kedua jalur ini.

Jalur unggulan kecamatan Gunung Toar dan Pangean yang hilir ke-13 diputaran pertama ini benar-benar berpacu dengan sengit.  Mereka saling manjujuik atau dahulu mendahului lawan dan hal ini menghibur ratusan ribu penonton yang berjejal di sepanjang arena pacu jalur.

Memasuki pancang finis, duel kedua jalur ini makin membuat hoyal atau histeris yang menyaksikan saat-saat menentukan dan mendebarkan tersebut. Para penonton dipancang finish tak sadar sudah pada berdiri dan mengepal tangan sambil menyebut ayo ngiang ayo Linggar, tambah Ngiang tambah Linggar, laju Ngiang laju Linggar.

Mengapa penonton tidak hoyal, saat haluan kedua jalur menyentuh pancang finish secara kasat mata nyaris tak dapat dibedakan jalur mana yang menang. Sehingga untuk menentukan pemenang, kedua perwakilan jalur harus melihat layar monitor. Pacu yang sengit dan berimbang ini benar-benar melepas dahaga penonton untuk menyaksikan jalur yang saling manjujuik.

Dari hasil perpacuan ini, suka tak suka, rela tak rela, jalur milik masyarakat Pulau Kumpai Pangean yang dibina Kejaksaan Negeri Kuansing ini harus mengakui keunggulan jalur milik masyarakat Kampung Baru Gunung Toar. Dengan demikian, Linggar Jati terhenti langkahnya  melaju ke putaran berikutnya. Sementara, Ngiang Kuantan berhasil melaju keputaran kedua dan diputaran kedua juga berhasil mengalahkan lawannya hingga lolos kehari ketiga.  

Hasil ini disambut suka cita pendukung jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori yang terlihat meloncat kegirangan dikajang mereka saat diumumkan jalur mereka unggul atas Linggar Jati Adhyaksa Kuansing.

Sementara dari hasil perpacuan putaran kedua, 12 jalur berhasil melaju ke putaran final hari ketiga yang akan digelar, Sabtu (29/7/2017) .

Kedua belas jalur itu, antara lain jalur Sijontiak Lawik Pulau Tanamo dari Cerenti, Pulau Laghe Mandulang Untuang dan Meriam Onggang Parau dari Kuantan Hilir.  Dari Pangean diwakili jalur Siposan Rimbo RAPP dan dari Benai ada jalur Kahulu Jantan Danau Kompe.

Sedangkan dari Kuantan Tengah, ada jalur Tuah Koghi Dubalang Ghajo, Tuah Inayan Mandulang Untuang dan Duri Bingkuang Rawang Panjang. Sementara, dari Gunung Toar, diwakili jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori. Selanjutnya, Kuantan Mudik mengutus dua jalur, masing-masing Toduang Biso Rimbo Piako dan Koghi Pusako Tuah Nagoghi. Terakhir, dari Hulu Kuantan juga ada satu jalur, Palimo Olang Putie. ( isa )

Berita Lainnya

Index