Sejumlah jalur yang stand by di tepian Lubuak Sobae. ( ktc )

Pacu Jalur Terbesar Kedua Bakal Digelar di Tepian Lubuak Sobae

Kamis,19 Juli 2017 - 09:09:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUKKUANTAN  - Pacu jalur di Tepian Lubuak Sobae Baserah kecamatan Kuantan Hilir baik rayon atau uji coba selama ini dikenal sebagai pacu jalur terbesar kedua setelah di Tepian Narosa Teluk Kuantan baik dari sisi jumlah jalur dan penonton serta sarana dan prasarana pendukung seperti turap yang dapat menampung penonton.

Bahkan sebelum kabupaten Kuantan Singingi terbentuk pacu jalur di Baserah pacu diadakan sebelum pacu jalur di tepian Narosa. Karena iu pacu jalur diarena ini akan dibanjiri warga. Terbukti pacu jalur rayon III yang bakal digelar Kamis ( 20/7/2017) diikuti 81 buah jalur baik dari Kuansing maupun Indragiri Hulu. Jalur-jalur unggulan juga akan mengasah tuah diarena ini.

Sejumlah jalur unggulan yang ikut serta dalam pacu jalur rayon tiga tersebut, antara lain, ada jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari Gunung Toar, Duri Bingkungan Rawang Panjang dari Kuantan Tengah, Puntiang Beliyuang Sirajo Beleng dari Sentajo Raya. Sedangkan jalur unggulan dari Benai juga ikut hadir, yakninya jalur Kahulu Jantan Danau Kompe.

Selain itu, jalur-jalur unggulan dari Kecamatan Pangean juga tak mau ketinggalan. Ada jalur Siposan Rimbo RAPP, sang juara nasional 2016, ada jalur Linggar Jati Adhyaksa Kuansing dan Ombak Nyalo Simutu Olang serta ada pula jalur Olang Barantai yang siap bersaing dengan jalur-jalur lain untuk merebut sang juara di rayon tiga ini.

Beranjak ke hilir, dari Kuantan Hilir, ada jalur Meriam Onggang Parau, Pulau Laghe Mandulang Untuang dan Uphae Saghok Ghimbo Dusun. Jalur-jalur unggulan dari tuan rumah ini tentunya siap meladeni jalur-jalur unggulan dari daerah lain. Begitupula di Kuantan Hilir Seberang, ada jalur Raja Laut yang akan menegakkan marwah kampungnya di ajang bergengsi itu. Sementara, dari Inuman, ada jalur Jitu Kuantan yang siap bersaing.

Melihat  ke hilir, dari Kecamatan Cerenti ada jalur Marangin Montiak Tuah Lipai dan Bujang Gagah Lingkuangan Nago yang siap mengibarkan bendera kecamatannya. Sedangkan dari Inhu, ada jalur Batu Hijau Tuah Negeri dan Datuak Panglima Itam Negeri Sembilan.

Direncanakan Gubernur Riau H Arsyajuliandi Rahman akan melepas langsung hilir pertama, pada hari pertama, hari ini. Sementara, Bupati Kuantan Singingi, Drs H Mursini MSi membuka secara resmi pelaksanaan pacu jalur rayon III, Rabu (19/7/2017) malam.

"Alhamdulillah, peserta pacu jalur rayon tiga di Kuantan Hilir, ini yang terbanyak bila dibandingkan dengan rayon-rayon lain," ujar Camat Kuantan Hilir, Drs Yulfides, saat technical meeting di aula Kantor Camat Kuantan Hilir, Rabu ( 19/7/2017). ( mad )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT