Warga yang melakukan pencarian denganperahu dan menyelam di Tepian Narosa. ( isa )

Rachel Belum Juga Ditemukan, Bupati Support Para Pencari

Senin,03 Februari 2013 - 06:13:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN  - Sampai Minggu ( 3/2 ) sore, Rachel  bocah kelas 5 SD warga desa Seberang Taluk Kuantan yang terseret sungai Kuantan sejak Selasa ( 29/1 ) lalu belum juga ditemukan. Bupati H Sukarmis Minggu pagi sekitar pukul 10.00 WIB mendatangi Posko yang didirikan untuk mencari bocah nahas ini.
Kades Seberang Taluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah, Emil Harda, MM, MBA kepada wartawan Minggu siang membenarkan kunjungan orang nomor satu di Kuansing tersebut. Menurutnya, saat berada di Posko pencarian , Bupati memberikan sejumlah bantuan untuk mendukung upaya warga mencari Rachel yang belum jelas keberadaannya pasca kejadian tersebut.
" Bapak Bupati memang memberian support untuk mendukung upaya pencarian Rachel,"ujarnya.
Selain itu ujar Emil Harda, Bupati juga memberikan masukan-masukan dan saran-saran kepada para warga dan tim-tim relawan yang ada saat itu. Salah satunya dilakukan pencarian secara massal. " Istilah alau dalam bahasa Kita  mencacar ( dicari dengan seksama disuatu lokasi dan pindahkan ke lokasi lain ), "ujarnya.
Bupati sebutnya juga memberikan dukungan moral kepada warga dan para pencari yang sejak kejadian sudah berusaha dengan sekuat tenaga baik moril dan meteril maupun tenaga untuk berusaha menemukan Rachel. " Bupati juga berharap koordinasi dan komunikasi dengan semua fihak agar Rachel segera ditemukan,"ujarnya.
Saat itu Emil Harda juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh fihak yang telah membantu mencari keberadan Rachel. Menurutnya, dukungan dan perhatian dari sangat antusias sekali disepanjang sungai Kuantan. " Tidak Kami duga begitu besar perhatian warga di-desa-desa saat tim pencari melakukan pencarian. Kami hanya ucapkan terimakasih banyak,"ujar Emil Harda.
Mengenai upaya pencarian ujarnya, sudah dilakukan hingga ke Baserah Kecamatan Kuantan Hilir, siang dan malam. Namun keberadaan Rachel belum juga jelas sampai saat ini. Pencarian akan terus dilanjutkan hingga ditemukan nantinya.
Pencarian Massal
Sementara itu Minggu sore, usai sholat Ashar ratusan warga Seberang Taluk dan desa-desa tetangga hingga warga Kenegerian Sentajo melakukan pencarian massal disekitar tenggelamnya Rachel. Ratusan orang itu berenang menyusuri sungai tebing sungai Kuantan khususnya kawasan Seberang Taluk. Selain berenang mereka juga melakukan penyelaman hingga ke dasar sungai Kuantan untuk mencari Rachel.
Para pencari mulai bergerak tepat di tugu taman Jalur hingga ke jembatan Gantung yag menghubungkan desa Sawah dan Seberang Taluk Hilir dan dilanjutkan hingga ke bagian hilir dari jembatan gantung itu. Tempat-tempat yang diperkirakan dalam dan memiliki kayu yang memungkinkan korban tersangkut diselami oleh warga.
Tidak hanya dibagian kawasan Seberang Taluk, penyelaman juga dilakukan disekitar desa Sawah Teluk Kuantan tepatnya di kawasan tribun finsih Pacu Jalur. Puluhan laki-laki terjun ke sungai didampingi dua perahu dan langsung  melakukan penyelaman hingga ke jembatan Gantung.
Salah seorang warga desa Kampung Baru Sentajo, Ependri yang juga ikut menyelam mengaku sudah tiga kali melakukan penyelaman. " Para penyelam dan penembak ikan banyak yang dimintamembantu upaya pencarian. Mungkin Kami karena sering menyelam tahu keberadan lubuk-lubuk yang dalam,"ujarnya.
Atas permintaan itu pihaknya menyambut dengan senang hati, apalagi ini pekerjaan kemanusian dan sosial. " Kalau koordinator pencarian akan ada kegiatan penyelaman, Kami selau dikontak dan dengan senang hati Kami ikut membantu,"ujarnya.
Karena Rachel belumjuga ditemukan saat ini, pencarian massal yang dilakukan Minggu sore mendapat perhatian dari warga. Ribuan orang pergi ke lokasi pencarian untuk melihat dan memberikan dukungan. Mereka rata-rata bersedih dan berharap agar Rachel segara ditemukan. ( )


TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT