Bupati H Mursini saat menyerahkan koper kepada JCH. ( rls )

Jumlah JCH Tahun 2017 Yang Berangkat ke Tanah Suci Terbanyak Dalam Sejarah Kuansing

Rabu,05 Juli 2017 - 05:13:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing, H Mursini mengapresiasi jumlah jemaah calon haji ( JCH ) tahun 2017 dari daerah ini yang dinilai terbanyak selama Kuansing berdiri. Hal ini menandakan kesadaran menunaikan ibadah haji semakin tinggi ditengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Mursini saat membuka manasik haji perdana tingkat Kabupaten Kuansing tahun 2017 di aula Kementerian Agama Kuansing, Rabu (5/7/2017)

“ Jumlah 259 JCH yang berangkat tahun ini merupakan jamaah terbanyak sejak Kuansing berdiri. Hal ini menandakan kesadaran berhaji warga kita sudah tinggi," katanya.
.
Karena itu Mursini berpesan agar JCH Kuansing  mengikuti manasik haji dengan baik.
"Ikuti manasik dengan benar. Luruskan niat ibadah kepada Allah. Yang sudah haji diniatkan untuk memperdalam ilmu, yang baru mau haji untuk menambah ilmu," kata Mursini.

Sebab kata  Mursini, ibadah haji di dalam Islam terang Mursini, diwajibkan kepada umat muslim yang mampu, baik secara fisik dan finansial. Sayangnya, banyak orang kaya saat ini belum berhaji.


"Alasannya macam-macam. Misalnya belum ada panggilan dan lain-lain. Saya kuatir nanti diambil hartanya oleh Allah,"katanya.


Masih kata Bupati, ibadah haji adalah ibadah fisik. Maka JCH diharapkan untuk menyiapkan fisik dengan baik.


"Jaga kesehatan dengan baik. Jaga makan dan minum. Jangan lupa olahraga," pintanya.
 

Sementara Kepala Kemenag Kuansing Drs H Jisman MA mengatakan manasik haji
sebagai pedoman agar ibadah haji di tanah suci berjalan aman dan lancar. Kegiatan ini dilaksanakan selama 10 kali pertemuan.
"Rinciannya dua kali di kabupaten dan delapan kali di kecamatan digelar mulai tanggal 5 Juli sampai 20 Juli," katanya.
Jisman mengimbau kepada JCH agar mengikuti manasik dengan serius demi kelancaran ibadah haji nanti di tanah suci Makkah.


"Jika dalam pelayanan haji kurang memuaskan kami mohon maaf. Kami berharap JCH Kuansing berhaji dengan aman dan nyaman dan menjadi haji yang mabrur," katanya.
 

Kegaiatan diakhiri dengan penyerahan koper kepada JCH Kuansing secara simbolis oleh Bupati Mursini didampingi Kepala Kemenag Kuansing H Jisman.( isa )

 


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT