Jaga Kekompakan Warga, Kades Harus Netral di Pileg dan Pilgubri

Jaga Kekompakan Warga, Kades Harus Netral di Pileg dan Pilgubri
Bupati H Sukarmis. ( isa )

TELUK KUANTAN – Bupati H Sukarmis mengingatkan para Kades menjelang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau ( Pilgubri ) dan pemilihan umum legislative ( Pileg ) akan menjadi incaran mereka-mereka yang maju. Karena para calon menganggap para Kades merupakan sosok yang dekat dengan masyarakat dan dengan merangkul Kades dukungan akan semakin besar.

Hal ini disampaikannya saat melantik Kades Tanjung dan Kades Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan, Selasa ( 29/1 ) yang lalu. Karena itu kata Bupati Sukarmismengingatkan kembali para Kades agar tidak berpolitik.

Diulangi menjelang Pilgubri dan Pemilu 2014, akan sangat banyak para calon Gubernur dan calon Legislatif yang akan datang ke kampung-kampung, dan sasaran pertama yang didatanginya adalah kepala desa.

Pasalnya, kata Bupati para calon menganggap Kades itu dekat dengan masyarakat. Dengan berbagai macam rayuan dan iming-iming, kata Sukarmis, Kades tentu bisa terjebak dalam permainan politik mereka. Dengan harapan, Kades itu bisa mengarahkan masyarakat untuk memilih calon tertentu.

Oleh sebab itu kata Bupati mengingatkan, bahwa tidak seluruh masyarakat di desa mau mengikuti kemauan seorang Kades. Akibat akibatnya, masyarakat yang tadinya kompak harus terpecah belah akibat kepentingan politik seseorang.

“ Jangan, Kades tak boleh memaksa masyarakatnya untuk memilih satu partai. Tak mungkin seluruh masyarakat itu mau, tentu bagi yang tidak mau akan menjadi lawan di Desa, “ingat Bupati

Oleh karenanya, menurut Bupati,  bagaimanapun situasi politik saat ini, dirinya berharap Kades focus menjalankan tugasnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung program yang dilaksnakan pemerintah. Kalau Kades mau mendengarkan himbauan ini, maka desa akan semakin kompak dan maju. ( isa )





Berita Lainnya

Index