Pasca Ditinggal Liusman Saleh, Uniks Mulai Tahapan Pemilihan Rektor

Pasca Ditinggal Liusman Saleh, Uniks Mulai Tahapan Pemilihan Rektor
Harianja. ( hmsuniks)
TELUKKUANTAN -  Pasca ditinggal almarhum Ir H Liusman Saleh MT yang meninggal dunia, jabatan Rektor Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks) kosong. Sekarang Uniks tengah bersiap melakukan pemilihan Rektor baru periode 2017 hingga 2021 mendatang.

Jadwal dan tahapan pemilihan Rektor Uniks pun telah disusun. Diawali tahap sosialisasi, 7 Juni hingga 23 Juni mendatang. Selanjutnya tahapan pendaftaran 4 Juni hingga -17 Juli. Sedangkan 18 Juli akan dilakukan pengumuman bakal calon Rektor. 

Bagi yang berminat ikut serta persyaratan yang harus dipenuhi secara umum beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, kewarganegaraan Indonesia, sehat jasmani dan rohani, memiliki NIDIN,  persetujuan atasan atau pimpinan PTS/PTN yang bersangkutan bagi calon yang tidak berstatus dosen tetap di Uniks. Bagi yang berasal dari Dosen PNS DPK harus mendapat persetujuan dari Kopertis X dan atau Kopertis XII.

Selanjutnyaa melampirkan surat kesediaan dicalonkan menjadi Rektor yang dinyatakan tertulis, tidak sedang tugas belajar, berwawasan luas dan memiliki jaringan kerja yang luas, pernah menduduki jabatan minimal ketua Prodi atau yang setingkat, minimal  4 tahun menjadi dosen di perguruan tinggi, memiliki kepangkatan akademik minimal Lektor bagi yang berpendidikan S3 dan Lektor Kepala yang berpendidikan S2.

Seterusnya tidak menjadi pengurus Parpol, bersedia bekerja penuh waktu, berwawasan luas mengenal pendidikan tinggi, berusia minimal 35 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat pengangkatan Rektor, bersedia menandatangani fakta integritas, bersedia mematuhi peraturan yang berlaku di civitas akademika Uniks, tidak menjabat sebagai pembina, pengawas dan pengurus YPTIKS.

Tahapan kemudian seleksi administrasi dari 19 Juli hingga 24 Juli. Selanjutnya, 25 Juli pengembalian formulir berkas bakal calon Rektor yang tidak memenuhi syarat. Sedangkan 26 Juli penyampaian bakal calon Tektor yang lulus administrasi.

"Dan selanjutnya barulah dilakukan tahapan pemilihan. Tanggal 1 Agustus penyampaian visi misi dan program kerja lalu dilanjutkan pemilihan. Sedangkan penyampaian calon Rektor terpilih kepada yayasan 3 sampai 8 Agustus," ujar Ketua Panitia Pemilihan Rektor Uniks, Harianja SPd MKom kepada wartawan, Rabu (6/6/2017) kemarin.

Lanjut Harianja, berikutnya tahapan pengangkatan dan pelantikan. "Tanggal 13 hingga 24 Agustus akan dilakukan penetapan SK pengangkatan rektor terpilih. Sedangkan pelantikan rektor terpilih akan dilakukan 19 Oktober," katanya.( mad/rls )

Berita Lainnya

Index