Musliadi. ( ktc )

DPRD Setuju Laporan Pertanggungjawaban  Bupati 2016

Minggu,04 Juni 2017 - 09:40:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUKKUANTAN - Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra SH MH, Jumat ( 2/6/2017) memimpin rapat paripurna dengan agenda penyampaian pendapat akhir DPRD Kuansing terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Kuantan Singingi tahun anggaran 2016. Dalam kesempatan itu dewan menerima LKPj Bupati 2016.

Namun melalui juru bicaranya, Musliadi, dewan kepada jajaran Pemkab yang dihadiri langsung Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi bersama Wakil Bupati H Halim beserta muspida dan para pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Kuansing.

Menurut Musliadi, dalam pengelolaan keuangan daerah, ke depan, pemerintah diminta untuk bersungguh-sungguh melaksanakan peraturan daerah tentang pajak dan retribusi daerah serta lebih kreatif dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Mengenai pembayaran hutang pemerintah terhadap proyek-proyek pada tahun lalu yang belum dibayarkan, pemerintah untuk dapat meninjau kembali kegiatan pekerjaan proyek tersebut sebelum dibayarkan.

Usai disetujui LKPj 2016, Bupati Mursini mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerjasama DPRD Kuansing dalam menuntaskan LKPj Bupati Kuansing ini. 

"Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya yang sangat baik terhadap seluruh penyelenggaraan roda pemerintahan daerah selama tahun 2016, dan terima kasih atas partisipasi seluruhnya," ujar Bupati.

Sebelumnya disampaikan Bupati Mursini, bahwa kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah menyangkut pengelolaan pendapatan daerah. Berdasarkan perubahan APBD. 2016, target pendapatan daerah diperkirakan Rp100 miliar lebih. Sementara realisasi sebesar Rp53 miliar lebih atau 53,38 persen dari target.

Kemudian, belanja daerah. Belanja daerah yang terdiri dari belanja tidak langsung dan belanja langsung. Berdasarkan APBD perubahhan 2016 target belanja daerah ditetapkan sebesar Rp1,575 triliun lebih. Menurut Mursini, sampai akhir tahun anggaran 2016, tercatat realisasi belanja daerah sebesar Rp1,218 triliun atau 77,31 persen realisasinya.

Selanjutnya, menyangkut pembiayaan daerah, yang terdiri dari penerimaan pembiayaan dan pengeluaraan pembiayaan. Untuk penerimaan pembiayaan target penerimaan Rp90,681 miliiar lebih dan realisasi Rp90,681 miliar. Dan untuk pengeluaraan pembiayaan nihil realisasinya.

Dalam rangka penyelenggaraan tugas umum pemerintahan, Pemkab Kuansing senantiasa melakkukan hubungan kerjasama dan koordinasi dengan instansi vertikal yang ada di daerah, seperti halnya trantib dan bidang teritorial, peradilan dan hukum serta keagamaan.( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

Sosial & Agama

Ribuan Lampu Colok Meriahkan Malam Takibran di Kuansing

Kamis,08 Agustus 2013
Sosial & Agama

Warga Sentra Panen Perdana Padi Sawah

Sabtu,26 Maret 2016