Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Yunisman : Petani Hortikultura Teladan 2017, Pilih Petani Dibandingkan Jadi Kades

Selasa,29 Mei 2017 | 06:46:00   Dibaca: 1324 kali
Yunisman : Petani Hortikultura Teladan 2017, Pilih Petani Dibandingkan Jadi Kades
Ket Foto : Yunisman diantara kebun cabe miliknya di desa Benai Kecil. ( ktc )
TELUKKUANTAN - Sosok ini patut jadi panutan generasi muda. Disaat orang lain berhasrat demikian menggebu bekerja dan memegang jabatan dipemerintahan, dirinya memilih menekuni sebagai petani holtikultira.

Dengan talenta, totalitas dan keseriusan akhirnya dinobatkan sebagai petani hortikultura Teladan tingkat Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2017. Dengan prestasi ini, petani holtikultura bernama Yunisman iniakan mewakili negeri Pacu Jalur untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Riau.

" Iya, dalam lomba petani hortikultura, Pak Yunisman dari Benai Kecil terpilih sebagai petani teladan pertama di Kuansing," ujar Kepala Dinas Pertanian Kuansing, Ir H Maisir kepada wartawan, Selasa (23/5/2017).

Dengan prediket petani hortikultura teladan Kuansing ini kata  Maisir, Yunisman berhak mewakili Kuansing untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Riau di tahun 2017 ini.

Anugerah Petani Hortikultura Teladan yang diraihnya tidak terlepas dari usahanyamengembangkan tanaman hortikultura seperti cabe keriting. Usaha ini pula yang membuat dirinya melanglang buana kesejunlah daerah di Indonesia untuk studi banding.

Jerih payah pria yang bermukim di desa Benai Kecil kecamatan Benai, mengembangkan komoditi cabe keriting ditengah kendala dan tantangan selain berbuah anugerah penghargaan, usahanya ini mampu menjadi penyangga utama ekonomi keluarganya. 

Yunisman  berhasil mematahkan pemikiran bahwa hanya tanaman karet, kelapa sawit dan tanaman keras lainnya yang dapat jadi sandaran menghidupi ekonomi keluarga. Ternyata mengelola tanaman holtikultura yang serius juga sangat menjanjikan bagi ekonomi keluarga.

Padahal sebelum cemplungkan diri menjadi petani holtikultura, Yunisman  seorang Kepala Desa di kampungnya desa Benai Kecil. Sejak masa jabatan Kades yang disandangnya berakhir tiga tahun lalu, Ia tak lagi maju kembali  walaupun peluang terbuka lebar sebagai incumbent dan dukungan masyarakat yang masih kuat.Ia ingin memompa semangat warga menjadi petani yang berhasil yang peluangnya terbuka lebar di daerah ini.

Yunisman memilih tunak mengembangkan usaha kebun cabe keriting dan kemudian juga sayur-sayuran bahkan  bawang merah.

"Begitu selesai menjabat Kades, saya sering mengikuti studi banding ke daerah-daerah luar Kuansing, terutama untuk menengok pembibitan cabe," ujar Yunisman yang juga menekuni komoditi Bawang dan usaha ternak Sapi sebagai sumber pupuk kompor untuk kebunnya.

Ke depan, dirinya akan terus menekuni usaha tanaman hortikultura ini. 

"Terpilihnya saya sebagai petani teladan di Kuansing tentu akan memotivasi saya untuk lebih giat lagi dalam menekuni kebun ini," ujar Yunisman.( utr ) 

Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.