Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Sejumlah Jalur Unggulan Kandas Melaju di Arena Tupian Rajo Pangean

Kamis,03 Mei 2017 | 11:16:00   Dibaca: 2162 kali
Sejumlah Jalur Unggulan Kandas Melaju di Arena Tupian Rajo Pangean
Ket Foto : Pacu jalur hari pertama diarena Tupian Rajo. ( ktc)
PANGEAN  - Hari pertama pelaksanaan Iven Pacu Jalur Tradisional di Tepian Rajo Pangean, Rabu (3/5/2017)  ditengah naiknya debit air Sungai Kuantan tengah pasang. Akibatnya panitia pun berjibaku mengamankan pancang pemisah agar jalannya pacu jalur berlangsung aman, tertib dan lancar.

Dari 59 jalur yang berpartisipasi pada iven pacu jalur tahun 2017 ini,  30 jalur berhasil melaju ke hari kedua, Kamis (4/5/2017). Sejumlahjalur unggulan pun harus kandas karena saling mengalahkan dihari pertama.

Jalur unggulan yang kandas melaju masing-masing jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang dari Pulau Madina Baserah, yang ditumbangkan jalur Raja Laut RAPI Kuansing dari Sungai Soriak Kecamatan Kuantan Hilir Seberang.

Kemudian, jalur Jitu Kuantan dari Inuman juga tumbang dihaluan jalur Panah Ombak Sutan Mudo dari Inhu. Merak Jingga dari Kuantan Tengah yang ditumbangkan jalur Rajo Olang Pulau dari Pangean. Jalur Panglimo Itam Klinik Malikha yang merupakan unggulan dari Kuantan Tengah juga tumbang oleh jalur kebanggaan masyarakat Kuantan Hilir, Upae Saghok Ghimbo Dusun. Selanjutnya, jalur yang telah mengukir sejumlah prestasi, yakni jalur Meriam Onggang Parau dari Baserah  harus mengakui keunggulan jalur Linggar Jati Adhyaksa Kuansing dari Pulau Kumpai Pangean.

Kendati banyak jalur unggulan yang tumbang, sejumlah jalur unggulan pun masih belum terkalahkan, seperti jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari Gunung Toar, Raja Laut dari Kuantan Hilir Seberang, Sijontiak Lawik Pulau Tanamo dari Cerenti, Panah Ombak dari Peranap, Kahulu Jantan Danau Kompe dari Benai, Siposan Rimbo dari Pauh Angit Pangean.Tuagh Koghi Dubalang Ghajo dari Kuantan Tengah.

Seterusnya jalur Linggar Jati juga melaju, disusul jalur Olang Barantai dari Pangean, dan Puntiang Beliyuang Sirajo Beleng dari Sentajo serta Duri Bingkuang Rawang Panjang dari Kuantan Tengah dan terakhir ada jalur Guguak Sakti Longge Batuah dari Baserah.( isa ) Daftar Peserta Pacu Jalur Pangean 2017 1. Pangean : 16 Jalur 2. Benai : 8 Jalur 3. Kuantan Tengah : 6 Jalur 4. Kuantan Hilir : 5 Jalur 5. Kuantan Hilir Seberang : 4 Jalur 6. Sentajo Raya : 2 Jalur 7. Cerenti : 4 Jalur 8. Inuman : 6 Jalur 9. Gunung Toar : 1 Jalur 10. Kuantan Mudik : 1 Jalur 11. Inhu : 5 Jalur

Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.