Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Kemendikbud Taja Bimtek Pendidikan Keluarga di Kuansing

Senin,17 April 2017 | 04:07:00   Dibaca: 529 kali
Kemendikbud Taja Bimtek Pendidikan Keluarga di Kuansing
Ket Foto : Kegiatan Bimtek Penyelenggaran Pendidikan Keluarga di Hotel Angela. ( ktc )

TELUKKUANTAN  - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbu ) Republik Indonesia melalui  Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat bersama menggelar bimbingan teknis penyelenggaraan pendidikan keluarga untuk satuan pendidikan yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau.

Kegiatan selama tiga hari ini dibuka Kepala Disdikpora Kuansing, Jupirman SPd, Senin (17/4/2017) di Hotel Angela Teluk Kuantan. Bimtek ini ini digelar dengan sasaran para kepala sekolah, mulai dari TK, SD/MI dan SLTP di Kuansing serta para stakeholder pendidikan lainnya.

Jupirman mengingatkan, penting menyelenggarakan pendidikan di tingkat keluarga, karena lingkungan pendidikan keluarga ini, katanya, manusia mengalami proses pendidikan sejak lahir bahkan sejak dalam kandungan.

"Sekarang, Kemendikbud telah melaksanakan program sosialisasi penguatan pelaku pendidikan keluarga di Kuansing. Dan penting menyelenggarakan pendidikan dimulai dari keluarga," katanya.

Oleh karena itu, katanya, kepala sekolah dan guru adalah sebagai ujung tombak dalam suksesnya program pendidikan keluarga ini, sesuai dengan SE Mendikbud RI 4 tahun 2016 tentang hari pertama masuk sekolah. "Dimana orang tua harus berinteraksi dengan sekolah dalam menyambut siswa pada hari pertama masuk sekolah," jelasnya.

Hal ini, menurutnya, merupakan sebuah implementasi keterlibatan keluarga dalam pendidikan serta meningkatkan penyelenggaraan pendidikan keluarga di setiap pendidikan. "Jadi, tidak ada alasan bagi kita semua untuk tidak melaksanakan program pemerintah, agar menyelenggarakan kegiatan pendidikan keluarga," tegas Jupirman.

Selain itu, hal ini merupakan salahsatu bentuk kepeduliaan dalam menindaklanjuti Permendikbud 82/2015 tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan. "Sehingga penyelenggaraan pendidikan keluarga musti dilaksanakan pada setiap satuan pendidikan," jelasnya lagi.

Dalam rangka implementasi penyelenggaraan pendidikan keluarga di setiap satuan pendidikan tersebut, maka pihaknya di Disdikpora Kuansing, kata Jupirman, berupaya mengoptimalkan program ini dengan melakukan berbagai upaya, yang dimulai dari sosialisasi, pelatihan, dan bimbingan teknis kepada satuan pendidikan yang ada di Kuansing. "Makanya, saya minta para peserta bimbingan ini serius untuk mengikutinya,"pungkasnya. ( utr )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.