Masuk Empat Besar Survei LSI Denny JA, Sukarmis Didorong Serius Maju di Pilgubri

Masuk Empat Besar Survei LSI Denny JA, Sukarmis Didorong Serius Maju di Pilgubri
H Sukarmis saat membantu salah seorang jemaah haji tua dikursi roda. ( ktc )

TELUK KUANTAN – Secara mengejutkan, salah seorang tokoh masyarakat Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau, H Sukarmis masuk dalam deretan empat besar tokoh politik dan tokoh msyarakat Riau yang telah dikenal dan akan dipilih masyarakat diajang Pilgubri.

Dari hasil paparan peneliti Lingkaran Survei Indonesia ( LSI ) Denny JA,  Aji Alfaraby pada dialog interaktif bertema “ Meneropong Kepemimpin Riau 2018” yang digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Kamis (6/4/2017) kemaren seperti yang dikutip dari portal Riau Terkini, terungkap jika Pilgubri digelar hari ini, incumbent Andi Rachman dan mantan Bupati Rohul Achmad akan dipilih 4,1 persen responden.  Calon lain, seperti Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto dan mantan Bupati Kuantan Singingi, H  Sukarmis di urutan ketiga dan keempat, dengan dipilih 3,6 persen.

Dari hasil survey LSI ini ternyata selisih persentase dukungan masyarakat yang akan memili Ahmad dan Andi Rachman  dengan Sukarmis juga kecil sekitar  0,5 persen

Menanggapi hasil suvery LSI Denny JA ini, H Nayarlis salah seorang tokoh masyarakat Kuansing mengaku cukup surprise. Pasalnya kata mantan anggota DPRD Kuansing dan Inhu itu, Sukarmis sendiri tidak terlihat melakukan gerakan besar-basaran baik sosialisasi untuk maju di bursa Pigubri saat ini. Bahkan sejak meninggalkan  jabatan Bupati Kuansing 31 Mei 2016 yang lalu, seolah jauh dari hingar bingar politik dan lebih konsen ke keluarga dan usaha.  

“ Namun ternyata namanya masuk dalam empat besar tokoh Riau yang bakal dipilih masyarakat. survey LSI ini sangat menimbulkan optimisme bagi masyarakat Kuansing salah seorang putera terbaiknya berpeluang melayani masyarakat Riau nantinya dan perlu diambil kesempatan ini,”ujar Nayarlis.

Pasalnya kata Nayarlis, survey tersebut dilakukan diseluruh wilayah kabupaten dan kota di Riau dan bukan di Kuansing saja. “ Dengan masuknya nama Sukarmis dalam empat besar, berarti namanya populer dan dikenali masyarakat Riau, ketokohan dan kemampuannya memimpin pemerintahan dan mengelola pembangunan diapreasiasi masyarakat Riau,  Saya kira masyarakat Riau mengenang Sukarmis sebagai sosok yang dekat dengan rakyat karena Ia memang orang yang besar dari  kaki lima dan mengerti dengan masyarakat, jiwa sosial sangat tinggi, type-type pemimpin seperti ini kan disukai masyarakat banyak,”ujarnya.

Selaku warga Kuansing, NayarliS meminta Sukarmis serius maju diajang Pilgubri. “ Dimasa lalu Kita punya putera terbaik almarhum Firdaus Malik dan Rustam S Abrus sebagai Wakil Gubernur Riau. Momen Pilgub ini Kita harus berjuang maksimal agar putera terbaik Kuansing salah satunya pak Sukarmis Kita dorong dan dukung untuk memberi pengabdian bagi mayarakat Riau,”pungkasnya. (  isa )

Berita Lainnya

Index