Setelah Jadi Kades Jangan Lupa Masyarakat

Setelah Jadi Kades Jangan Lupa Masyarakat
Wabup Drs H Zulkifli, M.Si saat melantik Kades di Kuantan Mudik. ( isa )

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis mengingatkan para Kades yang telah dilantik untuk tetap melanjutkan silahturahmi dengan masyarakat. Silahtturahmi dengan masyarakat jangan hanya dilakukan pada saat hendak maju menjadi Kades.
" Jangan sampai setelah dilantik, tidak lagi bersilahturahmi dengan masyarakat, malahan tidak mau lagi menerima tamu,"ujar Sukarmis saat memberikan sambutan pada acara pelantikan Kades Geringging Baru dan Kades Muaro Sentajo Kecamatan Sentajo Raya di lapangan sepakbola desa Mmuaro Sentajo, Kamis ( 17/1 ).
Karena ada juga setelah dilantik jadi Kades katanya merasa sudah menjadi besar sendiri. Padahal besar tidaknya seseorang seperti pemimpin karena selalu dekat dengan masyarakat. Kalau menjauh dari masyarakat, malah bisa tidak diapresiasi oleh masyarakata. Misalnya sebelum menjadi Kades kebetulan seorang guru surau, namun setelah menjadi Kades tidak lagi mau mengurusi surau, hal ini akan merugikan desa dan Kades sendiri dalam mengayomi seluruh masyarakat.
Untuk itu ujarnya, setiap Kades hendaknya selalu mempertahankan tradisi yang sudah dilakukan sebelum terpilih menjadi Kades. Biasanya selama ini selalu bersilahturahmi dengan tetangga dan warga lainnya, hal tersebut hendaknya dipertahankan, sehingga masyarakat tetap merasa dekat dengan Kades.
" Yang lebih penting dengan selalu mempertahankan silahturahmi, Kades tahu kondisi warganya, dalam keadaan baik atau tidak,"ujarnya.
Bupati sendiri menyadari tugas seorang Kades sebagai pemimpin yang berhadapan langsung dengan masyarakat tidak mudah. Sementara Kades dihadapkan dengan berbagai kendala, seperti penghasilan yang belum maksimal. " Mulai dari kasus orang yang ingin cerai, atau sudah cerai ingin kembali selalu mendatangi Kades untuk dipertemukan,'ujarnya.
Namun demikian Bupati meminta Kades untuk tetap semangat bekerja dalam keterbatasan dan banyaknya permasalahan yang harus dihadapi. Karena Kades merupakan jabatan amanah, dan amanah merupakan kepercayaan yangdiberikan masyarakat yang harus dipertanggungjawabkan sebaik-baiknya. ( isa  )

Berita Lainnya

Index