fhoto :riaubook.com

Setelah Firdaus Malik dan Rustam S Abrus, Warga Harap Ada Tokoh Kuansing Jadi Gubri atau Wagubri

Jumat,03 Maret 2017 - 08:53:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Selain dikenal sebagai penghasil para tenaga pendidik, kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ), juga banyak menghasilkan politisi dan birokrat andal. Bahkan dua putera terbaik daerah ini almarhum Firdaus Malik dan Rustam S Abrus pernah mencapai posisi Sekretaris Wilayah Daerah ( Sekwilda ) dan Wakil Gubernur ( Wagub ) Riau. Sementara itu Kol ( Purn ) Darwis Rida juga pernah menjadi Ketua DPRD Riau periode 1998-2003.

Selain memberi kontribusi bagi daerah dan masyarakat Riau secara umum, juga memberi dampak bagi Kuansing. Dimasa mereka menjadi pemimpin di Riau, akses jalan dan puluhan jembatan dari Pekanbaru-Teluk Kuantan dibenahi secara besar-besaran sehingga arus transportasi menjadi lancar, ruas jalan Pekanbaru-Teluk Kuantan yang dibenahi tidak hanya dirasakan warga Kuansing namun sebagian masyarakat kabupaten Kampar mulai dari Lipat Kain hingga Teratak Buluh. Mereka juga mempromosikan sejumlah kader-kader birokrat Kuansing duduk dijabatan pemerintahan sehingga lahir kader-kader baru.

Selepas keduanya hampir tidak ada lagi birokrat dan politisi asal Kuansing yang meraih jabatan strategis di Pemprov Riau seperti mulai dari Gubernur Riau, Wakil Gubernur dan Ketua DPRD Riau. Keberadaan mereka dipucuk jabatan eksekuti dan legislatif Riau juga melengkapi simbol Kuansing sebagai penghasil orang-orang pintar di Riau.

Ajang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau ( Pilgubri ) 2018 menjadi salah satu titik harapan bagi masyarakat Kuansing mendulang kejayaan dimasa lalu. Warga Kuansing berharap dalam ajang Pilgub kali ini ada tokoh Kuansing yang maju dalam helat menentukan pemimpin Riau masa bakti 2019-2024 tersebut.

" Harus ada yang maju, kalau nanti benar-benar ada yang maju tentu Kita dukung bersama, Kita ingin juga Gubernur atau Wakil Gubernur dari daerah Kita, "ujar Beni warga Teluk Kuantan.

Begitu juga dengan Febrian warga Pangean. Menurutnya, putra-puteri Kuansing juga memiliki kemampuan dan potensi untuk maju. Baik dari kalangan politisi, birokrat, akademisi dan pengusaha. ( isa )

 

 

 

 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT