Jadikan Kuansing Daerah Wisata, Pacu Jalur Diagendakan Lebih Dari Sekali Dalam Setahun

Jadikan Kuansing Daerah Wisata, Pacu Jalur Diagendakan Lebih Dari Sekali Dalam Setahun
Bupati H Mursini dalam sebuah acara. ( ktc/hmsks)

PANGEAN – Pemerintah Kabupaten ( Pemkab )  Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau bertekad menjadikan daerah ini sebagai salah satu destinasi pariwisata di Provinsi Riau. Salah satu destnasi wisata unggulan yang dimiliki Kabupaten Kuantan Singingi adalah wisata budaya pacu jalur.

Untuk mewujutkan hal tersebut, perlu banyak pembenahan yang harus dilakukan mulai dari kesiapan infrastruktur sampai kepada management pengelolaan pestival pacu jalur sendiri.

Bupati Kuansing, H Mursini, M, Si di setiap kesempatan melayur jalur terus menyampaikan pacu jalur sebaiknya tidak hanya dilaksanakan pada bulan Agustus saja, melainkan juga dilaksanakan pada bulan-bulan lainnya di luar bulan Agustus seperti, bulan Januari, februari atau maret.

Maksud dilakukannya perubahan jadwal katanya , agar setiap orang atau wisatawan berkunjung ke Kuantan Singingi bisa menyaksikan vestival pacu jalur.

Misalnya, ada wisatawan datang ke Kuantan Singingi pada bulan Februari atau Maret, mereka bisa menyaksikan pacu jalur ini. “Jadi tidak hanya menunggu bulan Agustus saja orang datang ke Kuantan Singingi baru dapat menyaksikan pacu jalur,” ujar Bupati dihadapan masyarakat.

Menurut Bupati, untuk menjadikan pacu jalur sebagai destinasi pariwisata budaya unggulan di Riau bahkan tingkat nasional, dirinya mewacanakan perlu adanya perubahan jadwal penyelenggaraan event pacu jalur.

Lebih jauh dijelaskannya, selain event pacu jalur tingkat nasional yang dilaksanakan pada bulan Agustus, Kuantan Singingi juga menyelenggarakan event pacu jalur pada tingkat rayon.

“Penyelenggaraan pacu jalur pada tingkat rayon inilah barangkali perlu yang kita selaraskan lagi penyelenggaraannya seperti penyelenggaraan pada bulan Januari, Februari atau bulan Maret seperti yang saya sebutkan tadi.

" Tujuannya adalah bilamana ada wisatawan berkunjung pada bulan tersebut mereka juga bisa menyaksikan event pacu jalur,” terang Bupati menegaskan. ( isa/rlshmsks)  

Berita Lainnya

Index