Tunjang Pelancong Nikmati Suasana Hutan, KPHL Bangun Dua Rumah Santai di Hutan Lindung Sentajo

Tunjang Pelancong Nikmati Suasana Hutan, KPHL Bangun Dua Rumah Santai di Hutan Lindung Sentajo
Rumah santai di dalam kawasan hutan lindung Sentajo. ( ktc )

TELUK KUANTAN – Bagi yang suka dengan suasana hutan yang rimbun, damai dan asri, tak salah kalau datang ke kawasan hutan lindung Sentajo dikecamatan Sentajo Raya, Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau.

Jaraknya pun sekira 7 kilometer dari kota Teluk Kuantan, ibukota kabupaten Kuantan Singingi tepatnya di desa Koto Sentajo. Di desa ini pelancong juga dapat menyaksikan  kawasan cagar budaya rumah adat kenegerian Sentajo yang berdiri puluhan rumah godang berumur ratusan tahun, lengkap dengan bentuk asli.
Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Unit XXXI Kuantan Selatan I memang tengah mengembangkan destinasi wisata hutan di kawasan ini ( eko turisme ). Untuk menunjang rencana itu, mereka membuat dua unit rumah santai yang dihubungkan dengan jembatan kayu untuk para pengunjung bersantai dan bermain sambil melihat pemandangan hutan dan dikawasan ini sudah dipasang beberapa ayunan untuk bersantai.  

“ Kedepan KPHL direncanakan akan membuat Rumah Pohon untuk para pengunjung,” papar Safii (58) salah seorang petugas KPHL.

Sejak dua pekan terakhir, kawasan wisata ini selalu ramai pengunjung yang sebagian besar wisata lokal yakni masyarakat Kuantan Singingi.  “ Kawasan ini memang udaranya sejuk dan hutannya masih bagus serta banyaknya pohon- pohon besar yang bisa dilihat,” papar Rini (16) salah seorang pengunjung asal Kecamatan Cerenti.

“ Untuk tahap awal objek wisata ini sudah lumayan bagus, pohon- pohon disini ditulis namanya dan menambah wawasan Kita,tambanya.
Sementara  itu sesuai rencana KPHL Selatan, kawasan hutan lindung seluas 270 hekatare ini akan dijadikan lokasi penangkaran Rusa. Sebab Rusa dapat berkembang biak di Kuansing, bagi pelancong nantinya dapat melihat Rusa berkeliaran dialam bebas maupun dalam penangkaran, baik yang ingin didarat ada jalur track darat yang juga kan dibuat.

Untuk melihatnya Rusa dan aneka satwa dan flora yang ada mereka merencanakan pembangunan kereta gantung. Dari dalam kereta gantung pengunjung dapat melihat Rusa berkeliaran termasuk satwa lainnya.Disamping itu kawasan hutan ini direncanakan sebagai lokasi  out bond disertai rumah pohon yang dapat digunakan berbagai lembaga baik pemerintah dan swasta melakukan kegiatan pembinaan kepada karyawannya seperti training.( mad )

Berita Lainnya

Index