Jadikan Teluk Kuantan Sebagai Kota Wisata, DLH Bakal Benahi Taman dan Hutan Kota

Jadikan Teluk Kuantan Sebagai Kota Wisata, DLH Bakal Benahi Taman dan Hutan Kota
Hutan kota di kompleks perkantoran Pemda Kuansing. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Untuk mendukung program Bupati mewujudkan Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau sebagai daerah tujuan wisata, Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) akan membenahi sejumlah ruang terbuka hijau ( RTH ) dan hutan kota.

" Bahkan jika diizinkan pimpinan, untuk RTH dan hutan kota ditambah, sehingga kota menjadi lebih asri dan bernuansa sebagai kota wisata,"ujar Kadis LH Kuansing, Jafrinaldi, AP, Jumat ( 17/2/2017 ).

Menurutnya, sejumlah taman memang perlu dipercantik, dengan konsep yang ada di kota Bandung, seperti taman dibawah STM, taman tugu pendidikan dan taman arena pacu jalur. " Jadi taman-taman itu juga ditambah dengan tulisan besar seperti tulisan Kota Madani yang ada di dekat Bandara SSQ Pekanbaru, kalau memungkinkan Kita undang ahli dari Bandung untuk mendesign, itu kalau nanti dan memadai,"ujarnya.

" Selain taman, median jalan juga ditanami aneka bunga. Sekarang sudah dimulai dekat perempatan rumah dinas Bupati dan ketua DPRD di kelurahan Sungai Jering Teluk Kuantan, seluruh jalur dua seharusnya dilengkapi tanaman bunga agar cantik,"lanjutnya.

Begitu juga dengan hutan kota yang ada, juga perlu dibenahi agar semakin menarik. Dirinya berencana di lokasi hutan kota Pulau Bungin juga dibuat tulisan besar Hutan Kota Pulau Bungin yang dapat dilihat dari tepian Narosa Teluk Kuantan. " Tulisan-tulisan seperti ini akan mempercantik kota juga sebagi lokasi bagi yang ingin selfie-selfie atau berfoto, kalau memungkinkan dibangun taman dipinggiran sungai depan hutan kota untuk tempat duduk, sehingga lebih menarik"ulasnya.

Dirinya juga berencana menambah jumlah RTH di kota Teluk Kuantan, misalnya kawasan dibelakang hotel Kuansing. " Areal itu dapat menjadi ruang terbuka hijau yang dapat digunakan untuk santai dan berolahraga bagi masyarakat, disamping keberadaannya nanti akan memperindah kota, itu nanti Kita usulkan ke pimpinan jika disetujui, didepannya juga dibuat tulisan besar sebagai penanda RTH, konsepnya seperti RTH yang ada di bawah lapangan upacara Kompleks Pemda,"tandasnya.

Untuk peluang menambah hutan kota lanjutnya juga memungkinkan, yakni diareal kompleks sport centre. Dibelakang sport centre saat ini lahannya cukup luas, areal itu dapat dijadikan hutan kota layaknya hutan kota diareal kompleks PemdaKuansing.

" Untuk menjadikan kawasan itu sebagai kawasan hutan kota tidak susah, sebab pohon-pohon sudah tumbuh dengan sendirinya saat ini. Kalau RTH, taman dan hutan kota makin banyak, maka kota akan semakin indah, asri dan sejuk, disaming menambah daya dukung lingkungan, seperti kawasan serapan air, flora dan fauna, konsep smart city lah,"tutupnya. ( isa )

 

 

Berita Lainnya

Index