Kepala Badan Pendapatan Daerah, Hendra, AP, M.Si. ( ktc )

Tingkatkan Penerimaan Pajak dan Restribusi Daerah, Izin Pelaku UKM Sebaiknya Gratis

Sabtu,11 Februari 2017 - 11:42:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Sebagai salah satu kiat meningkatkan pendapatan daerah dari pajak dan restribusi daerah untuk pembangunan, maka izin usaha bagi pelaku usaha kecil dan menengah ( UKM ) harus dipermudah.

" Bahkan jika perlu izin bagi pelaku UKM digratiskan, namun pajak dan restrbusi daerah mereka wajib melunasi setiap tahun,"ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda ) Kuansing, Hendra, AP, M.Si, Kamis ( 9/2/2017 ) yang lalu.

" Seperti izin bagi pelaku UKM bidang restoran, hendaknya dipermudah sekali bahkan gratis, namun pajak dan restribusi restoran wajib mereka bayar, ini akan meningkatkan PAD bagi daerah, "ujar mantan Kadis ESDM Kuansing itu.

Untuk itu dalam berbagai kesempatan rapat dengan SKPD terkait ujarnya, dirinya sering melontarkan gagasan dan ide agar izin pelaku UKM digratiskan. Sebab jika mereka belum memiliki izin akan sulit dilakukan penarikan pajak dan restribusi daerah. Pasalnya mereka belum terdaftar sebagai wajib pajak.

Sementara potensi pajak dan restribusi daerah dari pelaku UKM sangatlah besar. Bahkan jika perlu mereka didatangi dan diajak mengurus izin.

" Begitu juga dengan pengawasan, maka perlu kebijakan bidang perizinan bagi mereka yang sangat mudah,  kalau perizinan gratis lalu mereka masih menunggak pajak dan restribusi ya kenakan sanksi,"pungkas Hendra. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

Ekonomi

Disbun Salurkan Bibit Karet Untuk 425 Ha

Senin,01 Oktober 2012
Ekonomi

PPL Diminta Antisipasi Perubahan Iklim

Kamis,22 November 2012