Bupati Sukarmis berfose bersama 4 Kades usai pelantikan. ( isa )

Lantik 4 Kades di Kuanteng, Bupati Minta Kades Jangan Berpolitik

Selasa,15 Januari 2013 - 03:44:00 WIB
Share Tweet Google +


TELUK KUANTAN - Bupati H Sukarmis, Selasa ( 15/1 ) pagi melantik 4 Kades di kantor Camat Kuantan Tengah. Pada para Kades baru ini Bupati minta untuk tidak berpolitik.
Menurut Bupati, para Kades dipilih masyarakat secara langsung lewat sebuah kompetisi. Namun jabatan Kades bukanlah jabatan politik, apalagi saat seorang Kades tengah menjalankan tugas-tugasnya sebagai ujung tombak pemerintahan dilevel terbawah.
Sama halnya dengan Bupati dan Ketua DPRD, dipilih melalui mekanisme demokrasi dan merupakan orang-orang politik. Namun dalam melaksanakan tugasnya sebagai Bupati tidak berpolitik, pasalnya dapat menganggu tugas-tugas sebagai Kepala Desa, Bupati maupun Ketua DPRD.
Menurutnya saat melaksanakan tugas sebagai Kades, Bupati dan Ketua DPRD, merupakan milik semua orang atua seluruh elemen masyarakat. Karena itu dirinya meminta para Kades yang dilantk tersebut untuk tidak mengambil posisi berlawanan dengan para mantan Kades, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Tokoh Masyarakat dan elemen masyarakat desa. " Rangkul mereka semua untuk menciptakan keharmonisan dan persatuan dalam masyarakat,"ujarnya.
Ditegaskanya lagi, sebagai kepala pemerintahan di desa, semua elemen yang ada harus dirangkul sebaik-baiknya dalam mengelola agenda pembangunan dan pemerintahan. Karena dengan demikian, partisipasi masyarakat dalam membangun desa akan semakin baik dari waktu ke waktu.
Bupati juga minta para Kades baru untuk selalu berusaha dengan semangat tinggi untuk memperjuangkan aspirasi yang ada ditengah-tengah masyarakat. Aspirasi ulangnya dapat disampaikan melalui Camat, Kadis atau mendatangi petinggi Pemkab seperti Bupati.
" Karena siapa lagi yang akan memperjuangkan aspirasi masing-masing desa, kalau tidak kepala desa sendiri sebagai orang yang dituakan di desa,"ujarnya.
Apalagi tandasnya, program-program pembangunan saat ini cukup banyak yang dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat desa, dan tinggal keagresifan jajaran perangkat desa untuk mendapatkannya. Pemkab sebutnya juga akan berlaku adil terhadap semua desa-desa yang ada.
Terkait pelantikan 4 Kades di Kecamatan Kuantan Tengah kemaren, para Kades menurut Bupati juga patut berbangga dan berbesar hati. Karena jarang pelantikan Kades yang dihadiri lengkap oleh seluruh unsur Muspida. Namun kali mulai dari Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Kajari, Dandim, Wabup, Sekda, Asisten, Kadis, Kaban, Kabag dan Kakan serta undangan lain hadir. Ditempat lain kadang-kadang malah hanya diwakili Asisten.
Sementara itu 4 Kades yang dilanti kemaren yakni Lihendri sebagai Kades Pulau Aro, Ir Emil Harda, MM, MBA sebagai Kades Seberang Taluk Kenegerian Taluk Kuantan, Suman Hijar sebagai Kades Koto Tuo Kenegerian Kopah dan Gustardi sebagai Kades Bandar Alai Kenegerian Kari. ( isa )

 

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT