Bupati H Mursini saat meneken MoU Dengan SCN Telkom Indonesia. ( ktc )

Bupati Bertekad Wujudkan Kuansing Jadi Kabupaten dan Kota Pintar

Selasa,16 Januari 2017 - 02:59:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

TELUK KUANTAN –Bupati Kuansing, H Mursini berusaha mewujudkan kabupaten dan kota Teluk Kuantan dan kota kecamatan yang ada di daerah ini menjadi kabupatan dan kota pintar atau Smart City.  Konsep “smart city” atau kota cerdas kini mulai diterapkan di berbagai kota besar di Indonesia.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Kuansing, Azhar, SE, MM, Senin ( 16/1/2017 ) siang.” Pak Bupati sudah meneken MoU dengan SCN Telkom Indonesia Telkom Indoensia untuk mewujudkan program Smart City, Pak Bupati menginginkan program Smart City dilakukan tahun 2017 ini dan realisasinya sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,’ujarnya.

Dikatakannya, konsep “smart city” atau kota cerdas kini mulai diterapkan di berbagai kota besar di Indonesia. Konsep ini merupakan impian bagi kota-kota di Indonesia karena diyakini bisa menyelesaikan berbagai masalah perkotaan seperti kemacetan, penumpukan sampah, dan keamanan warga kota.

“ Konsep kota cerdas ini mengetengahkan sebuah tatanan kota yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat,’ujarnya.

Beberapa kota besar di Indonesia yang sudah menerapkan konsep “smart city” ini bebernya antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang

Lanjut Azhar saat penandatangan MoU, Bupati menginginkan skala prioritas aplikasi smart city yang akan diterapkan di Kuansing antara lain Smart PJU, Hi City (pariwisata), e-Tax (perpajakan), e-office, dan infrastruktur.

Kemudian lanjut Azhar, keinginan Bupati tersebut perlu didukung semua elemen,  mengingat Kuansing  yang terdiri dari 15 kecamatan dan 217 desa sangat potensial diterapkan aplikasi Smart City ini. Apalagi untuk daerah rural atau pedesaan yang terpencil yang tak tersentuh komunikasi internet maka bisa dipasang di daerah terpencil itu parabola khusus smart city.

“ Obsesi pak Bupati pada 2016-2021 ingin menjadi Kuansing yang cemerlang yaitu pelayanan prima kepada masyarakat dengan segala kemudahan dan akuntabel,”tutupnya. ( isa )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT