Blusukan

Pedagang Pasar Lumpur dan Pasar Rakyat Harapkan Lukman Edy Seperti Jokowi

Pedagang Pasar Lumpur dan Pasar Rakyat Harapkan Lukman Edy Seperti Jokowi
Lukman Edy saat membeli ikan pada salah seorang omak-omak ( orang tua ) di pasar Lumpur. ( isa )

TELUK KUANTAN - Calon Gubernur Riau , Ir. H Lukman Edy, Senin ( 14/1 ) siang menyambangi dua pasar di Teluk Kuantan masing-masing pasar Lumpur dan pasar Rakyat. Para pedagang dan pembeli yang ada saat itu mengharapkan pria yang akrab dengan sebutan LE tersebut seperti sosok Jokowi yang mau mengurusi hal-hal kecil yang dirasakan masyarakat termasuk pedagang dipasar-pasar.

Sebagai Urang Sumondo Kuansing, kehadiran Lukman Edy yang saat ini sedang kompak dengan Ketua PDIP Riaru Suryadi Khusaini tersebut tak terasa asing. Banyak pedagang yang sudah mengetahui sosok putera asal Indragiri Hilir tersebut secara pribadi. Apalagi cukup banyak pedagang di kedua pasar tersebut yang berasal dari Kari asal istri dari Lukman Edy. Karena itu sesekali tokoh muda Riau ini terhenti untuk menyapa orang yang mengenalnya.
Pria yang saat ini sedang duduk sebagai anggota DPR RI tersebut pertama kali menyambangi pasar Lumpur yang terkenal cukup becek tersebut namun menjadi tempat berbelanja favorit warga kelas menengah ke bawah Teluk Kuantan dan Kuansing pada umumnya karena harga jual barang yang relatif lebih murah. Ditemani istri dan sejumlah tokoh Kuansing, Lukman Edy terlihat membeli daging dan ayam, bumbu gulai, santan.
Ia juga terlihat membeli ikan-ikan sungai yang dijual pedagang dari kampung yang berasal dari sungai Kuantan dan rawan ( sawah ) hasil tangkapan warga. Tidak hanya itu, Ia juga membeli sejumlah makanan kue-kue tradisional yang dijual pedagang yang ada di pasar Lumpu tersebut, bahkan sempat mencicipi godok salah satu makanan tardisional Kuansing saat itu. Dalam berjumpa dengan pedagang, sesekali mantan angogta DPRD Riau itu menanyakan soal harga barang dagangan yang dijual saat itu, serta kondisi pedagang sendiri.
Sejumlah ibu-ibu pedagang yang memang terkenal ceplas-ceplos mengetahui kehadiran Lukman Edy tak segan-segan meminta lukman Edy memborong barang dagangan mereka agar cepat habis. Mereka rata-rata sudah hafal dengan nama Lukman Edy, karena itu mereka apresiatif ketika mantan Sekjen PKB tersebut mau ke pasar Lumpu yang memang sangat becek tersebut. Mereka menginginkan LE sosok pemimpin seperti Gubernur DKI Jokowi yang mau mengurus masalah-masalah kecil yang dirasakan warga seperti pedagang di pasar-pasar kecil, seperti kondisi lapak mereka, jalan pasar yang becek dan sumpek.
Selepas dari pasar Lumpur menggunakan ojek, Lukman Edy kemudian menyambangi pasar Rakyat untuk santap siang bersama. Para pedagang nasi yang berjualan dilantai I tersebut, mendapatkan jatah untuk menghindangkan nasi dan lauk pauk kepada seluruh rombongannya yang hadir saat itu. Sejumlah pedagang dan pembeli yang hadir saat itu melihat Lukman Edy yang sedang santap siang.
Kepada wartawan disela-sela santap siang bersama itu, tekadnya untuk maju menjadi orang nomor satu di Riau. Karena itu upaya meminta restu dan dukungan dari masyarakat terus dilakukannya. Ia mengaku sudah mengunjungi seluruh kabupaten dan kota di Riau untuk hal ini. Mengenai Kuansing sendiri baginya sudah tidak asing lagi, karena sering Ia pulang bersama istrinya, untuk keperluan keluarga maupun dinas, baik semasih menjadi anggota DPRD Riau, Menteri PDT dan anggota DPR RI. Begitu juga keberadaan dua pasar ini, juga tidak asing lagi bagi dirinya.
Mengenai para pedagang di pasar juga tidak asing bagi dirinya karena sering ke pasar baik di Pekanbaru, Inhil dan di Kuansing. Karena tipykal pedagang yang cepat akrab membuat dirinya cukup senang saat berada dipasar, sambil melihat kondisi pedagang dan pembeli. " Pasar kan salah satu barometer ekonomi,"ujar alumni Teknik Sipil Unibraw Malang itu.
Di Kuansing sendiri selama dua hari menurut Lukman Edy Ia telah bersilahturahmi dengan warga Kecamatan Pangean, Kecamatan Kuantan Tengah dan Kecamatan Kuantan Hilir. ( isa  )


Berita Lainnya

Index