Tiara berfose bersama pejabat Pemprov Riau dan pemenang lainnya. ( fhoto : halloriau.com )

Spektakuler, Tiara dari Kuansing Rebut Juara Pertama Lomba Desain Kostum Tradisional Riau 2016

Selasa,12 Desember 2016 - 05:10:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PEKANBARU-Tiara Nur Taesna Hade dari Kuantan Singgingi berhasil memenangkan lomba Desain Kreasi Kostum Tradisional Riau 2016, Sabtu (10/12/2016) malam di Gudung Idrus Tintin. Desainer muda yang membawa tema The Princes Of Tanaku ini berhasil menyisihkan 35 desainer muda lainnya dari 11 kabupeten/kota se Provinsi Riau. 

 

Sedangkan juara kedua diraih oleh Maulana dari Inhu dan juara ketiga diraih oleh desainer muda dari Siak atas nama Merlia Atika. Sementara untuk atribut terbaik pertama diraih oleh Maisi Oktaviani dari Inhu. Atribut terbaik kedua diraih oleh Refika Uli Hidayah dari Pekanbaru dan atribut terbaik tiga diraih oleh Ecynovemirata dari Siak.

 

Sebelum hasil pengumuman pemenang lomba Desain Kreasi Kostum Tradisional Riau 2016 oleh dewan juri, seluruh desainer menampilkan hasil kreasi kostumnya satu persatu di hadapan dewan juri yang diperagakan oleh para model. 

 

Adapun dewan juri pada lomba desain kreasi kostum tradisional Riau 2016 yakni Eko Purnama (desainer ternama Indonesia) Rico Bije Reybonte (Desainer ternama Riau) Untung Maulina, Tengku Zakir Umar dan Tjandra W.  

 

Hadir pada malam puncak lomba desain kreasi kostum tradisional 2016 Ketua Dekranasda Provinsi Riau Sisilita Arsyadjuliandi Rachman, Asisten III Setdaprov Riau Masperi, Perwakilan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Mehava Salma, Kadisdikbud Riau Dr.H Kamsol, Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Disdikbud Riau Sri Mekka. SH MH, dan tamu undangan lainnya.

 

Maheva Salma dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung kegiatan Lomba Kreasi Kostum Tradisional Riau 2016 yang dilaksanakan oleh UPT Museum dan Taman Budaya Disdikbud Riau ini. Melalui kegitan ini diharapkan bisa membangun kerakter bangsa melalui nilai budaya.

 

"Ini terobosan bagi Riau yang telah melaksanakan lomba kreasi kostum tradisional Riau. Kegiatan ini saya lihat mendapat dukungan penuh dari masyarakat dalam upaya membangun karakter bangsa melalui nilai budaya salah satunya kostum tradisional Riau ini," kata Maheva, Sabtu (10/12/2016) di Gedung Idrus Tintin.

 

Asisiten III Setdaprov Riau yang mewakili Gubernur Riau sangat mengapresiasi kegiatan lomba kreasi kostum tradisional Riau 2016 yang baru pertama kali diadakan di Riau. Kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan dan melestarikan kebudayaan Riau.

 

"Mari terus berkreasi dan berinovasi sesuai dengan nilai adat melayu Riau," katanya saat membuka Lomba Kreasi Kostum Tradisional Riau 2016.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau Dr.H. Kamsol mengatakan kegiatan yang baru pertama ini akan menjadi agenda tahunan. Kegiatan ini nantinya tidak hanya skala provinsi saja namun juga berskala nasional dan internasional.

 

"Memang kegiatan lomba kreasi kostum tradisional ini sangat luar biasa ini akan menjadi kegiatan tahunan. Apalagi komitmen Riau dalam mengembangkan budaya dengan mengusung tagline The Homeland of Melayu," kata Kamsol.

 

Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Disdikbud Riau Sri Mekka mengungkapkan lomba desain kreasi kostum tradisional Riau ini bertujuan untuk memperkenalkan kain tradisional Riau dengan hiasi pernak pernik, asesoris yang nantinya kelihatan indah dan menawan namun tetap menampilkan kesopanan sesuai dengan nilai budaya melayu di Riau.

 

"Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini akan menjadi agenda tahunan sama seperti kegiatan lomba kain tradisional Jember Fashion Week Festival," katanya.( sumber : halloriau.com)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT