Kades Harus Netral Jelang Pilgubri Dan Pemilihan Legislatif

Kades Harus Netral Jelang Pilgubri Dan Pemilihan Legislatif
Wabup Kuansing Drs H Zulkifli, M.Si saat memasang tanda jabatan pada pelantikan 7 Kades di Kuantan M

 



LUBUK JAMBI - Wabup Kuansing Drs H Zulkifli, M.Si mengingatkan para Kades agar netral alias tidak ikut dalam berpolitik praktis pesta demokrasi yang akan dilakukan tidak lama lagi, yakni Pemilihan Gebernur Riau pada 2013 dan dilanjutkan dengan pemilihan anggota legislatif pada 2014.

Hal ini diingatkan Wabup  saat melantik tujuh Kades di Kuantan Mudik, yang dilaksanakan di Pelataran Perahu Baganduang, desa Banjar Padang Kecamatan Kuantan Mudik, Jumat (11/1) .

Wabup juga menyampaikan permohonan maaf Bupati Sukarmis yang tidak bisa hadir karena adanya kegiatan lain diluar daerah. Ketujuh kades yang dilantik tersebut adalah Kades Sungai Manau, Kinali, Bukit Kauman, Banjar Guntung, Rantau Sialang, Kasang dan Pulau Binjai, dan langsung diambil sumpah jabatannya oleh Wabup Zulkifli.

Terlihat hadir diacara ini Sekda Kuansing, Drs H  Muharman, M.Pd Wakil I DPRD Kuansing Sardiyono, anggota DPRD Andi Cahyadi, para asisten, kadis, kaban, kepala, kabag dilingkungan Pemkab Kuansing, Camat Asmari, kapolsek AKP Zulkarnain, upika, kepala sekolah, serta undangan lainnya yang memadati pelataran perahu baganduang.

Dilanjutkan Wabup, Kades harus mengetahui tugas dan fungsi pokoknya dalam menjalankan roda pemerintahan desa. Kades juga harus mematuhi sumpah jabatan yang yang diembannya,"jangan sampai ada kades yang ikut berpolitik praktis, hal ini akan memecah belah masyarakat, karena sudah tidak sesuai dengan tufoksinya,"kata Wabup.

Kepala desa juga diharapkan mampu memegang amanah yang yang diemban atas kepercayaan masyarakat sehingga terpilih menjadi seorang kades,"cipatakanlah suasana kondusif ditengah masyarakat dan terapkan sistem kekeluargaan ditengah masyarakat,"katanya.

Wabup juga menghimbau agar tidak ada lagi bahasa tim sukses ditengah masyarakat atas Pilkades lalu. Kades diminta menciptakan suasa kondusif ditengah masyarakat,"mari kita bangun desa, jangan ada lagi kata tim sukses ini atau itu ditengah mnasyarakat yang akan membuat masyarakat terpecah bela,"ujarnya.

Para Kades yang terpilih dan dilatik hari ini merupakan putra terbaik dari masing-masing desa yang telah melewati tahapan dan berkompetisi dalam Pilklades lalu. Wabup juga meminta kepada Kades yang baru agar menanamkan dalam hati bahwa jabatan ini adalah amanah.( isa  )

 

Berita Lainnya

Index