Bupati saat meninjau tebing jalan yang longsor di desa Pulau Kedundung

Tinjau Jalan Longsor di Pulau Kedundung, Bupati Minta BMSDA Lakukan Normalisasi Sungai

Rabu,30 November 2016 - 07:01:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN- Bupati Kuantan Singingi, Drs. Mursini, M.Si bersama sejumlah jajarannya meninjau langsung lokasi tebing jalan yang longsor di desa Pulau Kedundung, Kecamatan Kuantan Tengah, Rabu (30/11/2016) siang.
 
Dari hasil pantauannya, Bupati meminta kepada dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) agar segera melakukan normalisasi di tepian sungai yang ada di lokasi tersebut agar longsor tidal meluas.
 
"Berdasarkan pantauan dan pengalaman saya , jika longsornya seperti ini tidak bisa dilakukan pembangunan turap. Jika ingin melakukan turap, itu harus dilakukan di bibir sungai pada titik dimana bermulanya longsor. Namun tentu ini butuh biaya cukup besar, karena panjang tepian yang harus diturap diperkirakan mencapai 209 meter. oleh sebab itu, langkah awal yang harus di laksanakan adalah melakukan normalisasi kawasan sungai ini," jelas Mursini. 
 
Oleh karena itu Bupati meminta agar secepatnya dinas BMSDA menerjunkan alat berat untuk melakukan kegiatan normalisasi dan membuat jalan alternatif, agar jalan ini tidak terputus.
 
"Buatlah jalan alternatif agar akses masyarakat tidak terputus, sedangkan untuk penanganan lebih lanjut, akan kita anggarkan pada APBD tahun 2017 mendatang. Nanti kita kaji mana yang lebih efisien, saat ini tangani dulu yang ada saja," ujar Mursini kepada Kadis BMSDA, Azwan yang turut mendampinginya.
 
Terkait hal itu, Azwan mengaku akan secepatnya melaksanakan permintaan Bupati tersebut.'Akan kita laksanakan secepatnya, sesuai arahan Bupati,"ujarnya.
 
Sementara berdasarkan pantauan, longsor terjadi pada 2 titik dengan panjang masing-masing lebih kurang 30 meter dan 70 meter. Bahkan pada satu titik, setengah badan jalan sudah mulai tergerus dan terkena longsor. Namun satu sisi lainya tinggal menyisakan beberapa sentimeter saja, dari lokasi longsor.(Utr)

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT