Wabup Drs H Zulkifli, M.Si saat melantik 7 Kades di Kecamatan Kuantan Mudik. ( isa )

Kades Harus Mampu Rangkul Semua Fihak

Jumat,11 Januari 2013 - 04:00:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

 


 TELUK KUANTAN, - Kades yang dberikan amanah oleh masyarakat harus mampu merangkul semua fihak. Karena kerjasama yang baik antara masyarakat dan perangkat desa sangat diperlukan dalam menunjang kesuksesan agenda pembangunan.
Hal tersebut dikatakan oleh Wabup Drs. H. Zulkifli, M.Si saat melantik Kades Kinali Suriandi, Kades Sungai Manau Sukry Ilyas, Kades Rantau Sialang Syafriadi, Kades Pulau Binjai Ijon, Kades Kasang Masrijal, Kades Bukit Kauman Muslim, Kades Banjar Guntung Tai Tobes,Jumat ( 11/1 ) pagi di arena Perahu Baganduang Lubuk Jambi.

Acara pelantikan ini juga dihadiri Sekda Kuansing Drs H Muharman, M.Pd, sejumlah anggota DPRD asal Dapil III, Asisten, Kadis, Kaban, Kakan, Camat Kuantan Mudik Asmari, S.Sos, Kabag Pemerintahan Umum Drs Indra  Agus, M.Si, Upika Kuantan Mudik dan undangan lainnya.

Selain itu tandas Wabup Zulkifli, sebagai jajaran pemerntahan yang paling dekat dengan masyarakat, Kades harus mampu menyelenggarakan pemerintahan desa secara lebih optmal, karena berkaitan dengan pemenuhan hak-hak masyarakat dalam memperoleh pelayanan yang sebaik-baiknya dari pemerintah. Pelayanan yang baik kepada masyarakat akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, serta memperkokoh keterpaduan antara aparat dengan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan pembangunan.
" Sebagai Kades saudara-saudara mengemban peranan yang sangat penting dalam menciptakan kerukunan hidup masyarakat dilingkungan desa masing-masing, maupun kerukunan antar masyarakat desa,"ujar Wabup Zulkifli.
Dalam kesempatan tersebut, Wabup Zulkifl juga meminta Kades untuk memperhatikan beberapa hal pokok yang berkaitan dengan peningkatan efektiftas penyelenggaraan pemerintahan  dan pemberdayaan masyarakat desa, masing-masing, pertama meningkatkan kemampuan perangkat desa agar senantiasa mampu memberikan pelayanan secara efektif sesuai tuntutan masyarakat. " Saya minta agar Kades selalu mengembangkan kerjasama yang sebaik-baiknya dengan badan permusywaratan desa dalam setap menetapkan kebijakan desa,"ujarnya.
Kedua, memberikan kesempatan yang sama bagi segenap warga desa dalam proses pengambilan keputusan melalui proses penjaringan asprasi, agar program-program pembangunan yang dikembangkan pemerintah desa sesuai dengan esens masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.
Ketiga, meningkatkan kualitas kesehatan dan gizi masyarakat desa, serta mencegah kemungkinan terjadinya gizi buruk dan busung lapar. Hal ini dapat dilakukan melalu revitalisas Pos Yandu, peningkatan peran kader Dasa Wisma dan PKK desa, serta peningkatan kemandirian masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan lokal melalu penguatan fungsi lumbung desa.
Kempat mengembangkan kegiatan desa yang mendukung usaha ekonomi desa, melalui pendayagunaan seluruh potensi perekonomian setempat sehingga dapat mengembangkan produk unggulan desa. Kelima, kriss nilai dalam kehidupan sebagian warga masyarakat telah mengakibatkan timbulnya dampak buruk bagi kehidupan masyarakat.
Keenam, menjaga dan melestarikan keberadaan lembaga adat dan lembaga kemasyarakatan sebagai institusi lokal dalam menata dan mengembangkan kehidupan bersama, agar mampu mendukung proses pengelolaan pembangunan desa. Ketujuh, menciptakan suasana kerja yang sejuk dan kondusif serta senantiasa menciptakan hubungan kerja yang baik dengan lembaga lainnya ditingkat desa maupun dengan segenap komponen masyarakat serta meningkatkan koordinas dengan instans terkait dalam memecahkan persoalan yang ada, khususnya dengan pemerintah kecamatan.
" Sekali lagi Saya ingatkan dan untuk dipahami bahwa Kades adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan dari aparatur pemerintah dalam penyelenggaraan negara,"ujarnya. ( isa  )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT