Acara doa padang di kenegerian Kopah kecamatan Kuantan Tengah. ( ktc )

Agar Padi Yang Ditanam Selamat, Warga Kenegerian Kopah Gelar Doa Padang

Senin,10 Oktober 2016 - 09:25:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN  -  Agar musim tanam padi sawah tahun ini berhasil dan sukses, warga kenegerian Kopah kecamatan Kuantan Tengah, Sabtu (8/10/2016 ) menggelar acara do'a padang  sebagai bentuk syukur dan pengharapan kepada Allah SWT agar kegiatan tanam padi kali ini berhasil.

Menurut  Kepala UPTD Tanaman Pangan Kecamatan Kuantan Tengah, Ruslan, SP yang hadir saat itu, tahun ini petani akan mendapat bantuan benih padi unggul dari pemerintah, diharapkan bantuan benih tersebut akan meningkatkan produksi padi dengan sistem tanam jajar legowo yang telah dianjurkan oleh pemerintah dengan bimbingan penyuluh pertanian.

“ Dengan sistim tanam jajar legowo ini, petani banyak mendapat keuntungan, karena dapat meningkatkan produksi padi dan sistem tanam legowo ini sudah terbukti memang sangat efektip,” tukas Ruslan.

Hal senada juga diutarakan tokoh adat setempat, Nasrun gelar Datuk sinaro Batuah. “ Doa padang harus kita tingkatkan lagi tahun mendatang, lahan yang ada di Kenegerian Kopah ini diharapkan agar digarap kembali dan jangan menjadi lahan tidur. Sedangkan untuk musim tanam kita harus mendengarkan anjuran ataupun arahan UPTD Tanaman Pangan bertanam padi harus sesuai dengan teknis yang dianjurkan para penyuluh,”ajaknya.

“ Kita menyadari bersama, masyarakat di daerah ini mayoritas bertani maka dari itu dengan bercocok tanam akan dapat meningkatkan ekonomi para petani. Pada kesempatan itu Datuk Nasrun juga menghimbau masyarakat, terkait masalah ternak harus diikat sesuai kesepakatan bersama agar musim tanam tahun ini akan berhasil dan memuaskan,” tutup Nasrun.

Doa turun benih ini juga dihadiri Babinsa, Kepala Desa, BPD, Para Penyuluh, Para Datuk penghulu, Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat, Ketua kelompok tani, serta para petani Sekenegerian Kopah. ( yus )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT