Jelang Pemira, BEM UNIKS Kunker Ke KPU Kuansing

Jelang Pemira, BEM UNIKS Kunker Ke KPU Kuansing

TELUK KUANTAN- Menjelang Pemilihan Raya (Pemira) Gubenur dan Wakil Gubenur Mahasiswa Se-Uniks (Universitas Islam Kuantan Singingi) yang akan digelar secara serentak, 17 Oktober 2016 mendatang, Presiden mahasiswa Uniks beserta anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uniks melakukan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi, Jumat (30/9/2016).

Kedatangan rombongan BEM Uniks ini bertujuan untuk menimba ilmu terkait tata cara penyelenggaraan Pemilu yang nanti akan diaplikasikan dalam Pemira mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Kuansing, Firdaus, SH memberikan apresiasi kepada mahasiswa dan menyampaikan bahwa ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh  organisasi mahasiswa yang proaktif untuk berkunjung sekaligus menimba ilmu terkait kepemiluan.

"Kami berikan apresiasi yang tinggi kepada adik-adik mahasiswa sekalian karena telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke KPU Kuansing dan semoga pelaksanaan Pemira UNIKS yang akan dilaksanakan serentak untuk pertama kalinya nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses,"ujar Firdaus.
 
Dalam pertemuan tersebut pihak BEM yang dipimpin langsung oleh Presiden Mahasiwa Rayendra Usman, memaparkan mengenai rencana Pemira Serentak serta meminta saran dan tanggapan dari Komisioner KPU Kuansing terkait berbagai hal untuk kelancaran proses pelaksanaan Pemira Serentak tersebut.

Mulai dari proses penyusunan regulasi, pendataan pemilih, mekanisme pencalonan dan kampanye, logitisk, proses pemungutan dan penghitungan suara hingga kemungkinan terjadi sengketa dan penetapan calon.

Komisioner KPU Kabupaten Kuantan Singingi secara bergantian menanggapi dan memaparkan tahapan-tahapan yang perlu diselenggara dalam Pemira tersebut sesuai dengan divisi yang dibidanginya. Diharapkan Pemira yang akan dilaksanakan nantinya merupakan cermin penyelenggaraan Pemilu yang sesungguhnya karena Kampus merupakan miniatur Negara.
 
Sebagai tindak lajut dari kegiatan ini, Komisioner KPU KUansing Wigati Iswandhiari, ST, MM yang membidangi Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat menyatakan siap memberikan asisten kepada BEM UNIKS dan akan membantu tersedianya kelengkapan pemungutan dan penghitungan suara Pemira tersebut. "KPU Kabupaten Kuantan Singingi siap untuk datang pada pelaksanaan Pemira  nanti dan kami membuka pintu seluas-luasnya bagi kegiatan demokrasi dan kepemiluan lainnya yang digagas oleh mahasiswa,"pungkas Wigati.(Isa/Utr)


Berita Lainnya

Index