Geografis Kuansing, Latar Belakang Strategis Pendirian UNIKS

Geografis Kuansing, Latar Belakang Strategis Pendirian UNIKS


TELUK KUANTAN - Letak geografis Kuansing khususnya kota Teluk Kuantan sebagai ibu kota Kabupaten menjadi salah satu yang melatar belakangi dalam rencana pemerintah Kabupaten Kuansing untuk mendirikan Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS).

Menurut anggota tim ahli yang melakukan study kelayakan terhadap rencana pendirian UNIKS ini, Dr Nurpit Yunus beberapa waktu lalu pada pemaparannya menyebutkan bahwa letak Kota Taluk Kuantan dinilai sangat strategis karena berada di segitiga emas jalur perhubungan lintas barat, utara dan timur pulau Sumatra dan Jawa.

Hal ini dikatakannya tentu sangat berpotensi untuk menjadikan kota Taluk Kuantan sebagai kota transit dan sebagai kota pelajar karena mudah dijangkau dari berbagai lintasan.

"Berdasarkan hasil kajian kita, disamping berbagai potensi yang dimiliki oleh kabupaten Kuansing seperti SDM (Sumber daya Manusia) dan lainnya, maka letak geografis menjadi salah satu pertimbangan kita untuk merekomendasikan pendirian UNIKS layak untuk dilaksanakan,"ujarnya.

Dengan adanya UNIKS ini menurut analisa potensi yang mereka lakukan, UNIKS juga berpotensi untuk menampung para siswa yang tidak tertampung di Riau, Kepri, Sumbar dan Jambi.

Untuk itu mereka menyimpulkan bahwa pendirian UNIKS merupakan suatu keharusan yang dimaksud untuk menciptakan SDM yang berkualitas agar dapat bersaing secara global dan berjiwa enterprenuer sehingga bisa diandalkan untuk mengeksplioitasi dan mengeksplorasi Sumber Daya Alam yang dimiliki oleh Kabupaten Kuansing.

Sementara itu terkait pendirian UNIKS ini seperti yang diberitakan sebelumnya, ketua Bapeda Kuansing, Hardi Yacub menyebutkan bahwa pada 2013 ini Pemkab Kuansing akan menyiapkan Detail Enginering Design (DED)."2013 ini kita belum melakukan pengerjaan fisik, kita akan siapkan DED dulu,"ujarnya beberapa waktu lalu. (  isa )


 

Berita Lainnya

Index