Pemadaman Karlahut di desa Pangkalan kecamatan Pucuk Rantau. ( ktc )

Usai Upacara HUT RI, Polisi Langsung Terjun Padamkan Karlahut di Areal Hutan Lindung Bukit Betabuh

Kamis,17 Agustus 2016 - 10:56:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Hari Kemerdekaan RI ke-71 di Kuantan Singingi ( Kuansing ) diwarnai kebakaran lahan dan hutan ( Karlahut ). Akibatnya, Kapolres Kuansing, AKBP Dasuki Herlambang memerintahkan personilnya mengganti baju seragam upacara dan langsung diterjunkan memadamkan Karlahut disejumlah titik.

" Begitu selesai upacara HUT RI ke-71 pagi, Kapolres langsung langsung memerintahkan semua anggota Polres dan Polsek ganti baju untuk berburu api dan patroli Karlahut,"ujar Kapolres melalui Kasubag Humas, AKP Lumban G Toruan, Rabu ( 17/8/2016 ) siang.

Hari Rabu ujarnya, terjadi Karlahut di tempat lokasi, pertama dikawasan hutan lindung Bukit Betabuh tepatnya di desa Pangkalan kecamatan Pucuk Rantau . " Ada dua lokasi Karlahut di areal hutan lindung Bukit Betabu, pertama diareal lahan milik Delta dan satu lagi pemiliknya belum diketahui identitasnya,"ujar Lumban.

Dilahan milik Delta ujarnya, luas Karlahut mencapai tiga hektar. " Untuk memadamkan api melibatkan 50 orang, terdiri dari Polisi 25 orang, TNI 5 orang dan sisanya warga masyarakat setempat, pemadaman dipimpin langsung Kapolres,"ujar Lumban.;

Dilokasi Karlahut lainnya di desa Pangkalan yang belum jelas pemiliknya, luas Karlahut mencapai tujuh hektare. " Pak Kapolres juga langsung memadamkan api ,"ujarnya.

Diluar kawasan ini ujarnya, Karlahut juga terjadi di kecamatan Sentajao Raya tepatnya di desa Beringin Jaya. Karlahut terjadi dilahan milik Bejo Pranoto. " Luas lahan terbakar 1 hektare, dan api dipadmakan pada pukul 5 sore,"ujarnya.

" Satu lagi Karlahut terjadi kecamatan Logas Tanah Darat,"pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT