Dukung Pendanaan Pacu Jalur, Sewa Lapak Pedagang Bakal Diserahkan ke Panpel

Dukung Pendanaan Pacu Jalur, Sewa Lapak Pedagang Bakal Diserahkan ke Panpel
Jalan sekitar pasar Rakyat Teluk Kuantan salah satu lokasi lapak pedagang. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Dana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pacu jalur tradisional 2016 cukup besar. Hasil etsimasi panitia pelaksana, dari usulan anggaran yang masuk dari berbagai seksi mencapai Rp1.8 Milyar belum termasuk biaya pengamanan.

Akibatnya panitia pelaksana harus berjibaku mengumpulkan donasi agar pacu jalur kebanggaan masyarakat Kuansing ini dapat terselenggara dengan meriah dan sukses. Pasalnya dalam APBD Kuansing, dana untuk kegiatan ini hanya tersedia Rp 366 Juta, jumlah yang jauh memadai. Sebelumnya juga ada bantuan dari Pemprov Riau, namun tahun ini tidak lagi dialokasikan.

Upaya yang dilakukan Panpel setakat ini dengan melakukan penggalangan dana dari perusahaan dan pengusaha yang ada di Kuansin.

Disamping itu terobosan lain yang dilakukan yakni memberikan sewa lapak pedagang yang berjualan selama pacu jalur kepada panitia pelaksana, untuk menutupi defisit yang terjadi. Ratusan pedagang dari berbagai daerah termasuk Kuansing setiap pacu jalur memang berdatangan ke kota Teluk Kuantan untuk mengais rezeki. Mereke memenuhi lokasi berjualan yang ditetapkan masing-masing di jalan Petapahan, Kuantan, Gunung Kesiangan, Merdeka, Kartini , Imam Bonjol, Limuno Barat dan Limuno Timur.

" Iya salah satu sumber pendanaan untuk mensukseskan pacu jalur 2016 dari sewa lapak pedagang, Kita serahkan ke panitia pelaksana untuk mendukung pendanaan agar pacu jalur 2016 berjalan sukses,"ujar Kadis Pasar Kebersihan dan Pertamanan Kuansing, Drs Azhar, MM, Selasa ( 16/8/2016 ) siang.

" Dulu awal-awal pacu jalur, sewa lapak pedagang juga salah satu sumber pendanaan pacu jalur,"tambahnya.

Namun terangnya, sewa lapak yang akan diserahkan tersebut setelah menghitung biaya operasional tim dilapangan , baik kebersihan dan penertiban. " Sisanya Kita setorkan ke panitia pelaksana,"ujarnya.

Karena itu Azhar belum dapat memastikan jumlah dana sewa lapak yang akan diserahkan ke panitia pelaksana. ( isa )

Berita Lainnya

Index