Hasil Survey yang ditaja PAN. ( fhoto : goriau.com )

Hasil Survei PAN, Jika Pilkada Pekanbaru Digelar Sekarang, Ini Pemenangnya

Selasa,09 Agustus 2016 - 03:34:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


PEKANBARU- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Pekanbaru mengumumkan hasil survei terhadap kandidat bakal calon walikota dan wakil walikota Pekanbaru, Senin (8/8/2016) malam di Rumah PAN Pekanbaru.

Hasil survei yang dipercayakan kepada Research & Consulting Saiful Mujani, dari beberapa nama yang mendaftar dan yang bersedia disurvei ikut dalam ketentuan yang disepakati, muncul 13 nama.

Program Director Lembaga Survei Saiful Mujani, Sirojudin Abbas menjelaskan, survei dilakukan tanggal 13 hingga 20 Juli 2016. Tujuannya untuk mencari keinginan masyarakat seperti apa tokoh-tokoh yang ingin maju dalam Pemilihan Kepala Daerah Kota Pekanbaru yang digelar bulan Februari 2017 nanti.

"Siapa yang paling berpeluang. Kita diagnosis secara mendalam faktor seseorang mendapat dukungan dan tidak mendapatkan dukungan," ulas Sirojudin.

Metode yang digunakan dalam riset ini, lanjutnya, populasi seluruh pemilih diambil 410 orang sebagai sampel, dengan margin eror lebih kurang 5 persen. Wawancara dilakukan secara langsung kepada masyarakat yang menjadi survei, dan 410 orang ini dipilih secara random dan mewakili warga lainnya.

Dari pertanyaan yang diutarakan tim survei kepada masyarakat, siapa bakal calon walikota Pekanbaru yang banyak dipilih masyarakat, berada di peringkat teratas Irvan Herman Abdullah, kemudian disusul Firdaus MT, Ayat Cahyadi, Septina, Nofrizal, Erizal Muluk, Dwi Agus Sumarno, Jufri Zubir, Firdaus Ces, Zulfan Hafiz, Said Usman Abdullah, Syahril, Ade Hartati Rahmad, Edi Satria, Suroto, Sondia Warman, Ramli Walid, Herman Nazar, Yusuf Daeng, Yusfar, Marlis Kasim, Dastrayani Bibra, Yose Saputra, Syamsinar, dan terakhir Darnil.

"Jika dikerucutkan empat nama, hanya Irvan Herman Abdullah, Firdaus MT, Ayat Cahyadi dan Septina Primawati Rusli yang muncul sebagai balon walikota Pekanbaru yang diinginkan rakyat. Jika dilihat kekuatan dukungan, Firdaus MT memiliki dukungan lemah tertinggi, yakni 42 persen, kemudian yang terendah dukungan lemahnya Irvan Herman Abdullah hanya 30 persen," jelasnya.

Dari survei ini juga ditemukan hasil bahwa kesempatan incumbent untuk kembali memimpin Kota Pekanbaru sangat kecil, hanya 27 persen warga yang ingin Firdaus MT duduk lagi di Pemerintah Kota Pekanbaru, 58 persen menolak incumbent, sementara 15 persen tidak tahu dan belum menetapkan pendirian.

Sementara, putra Herman Abdullah (mantan Walikota Pekanbaru 2 periode), Irvan Herman Abdullah mendapat tanggapan baik dari masyarakat pemilih. "Faktor ayahnya sangat mempengaruhi popularitas Irvan di masyarakat," ujar Sirojudin.

Sementara, hancurnya elektabilitas incumbent dikarenakan masyarakat tidak puas dengan kinerja pemerintah. Dari survei, kepuasan terhadap pemerintahan Firdaus-Ayat tercatat 26 persen memandang buruk dan 25 persen memandang baik.

"Kesejahteraan PNS paling bermasalah. Biaya pendidikan mahal. Kepuasan warga terhadap kinerja Firdaus MT hanya 44 persen, ke Ayat Cahyadi 49 persen. Maka kesimpulannya, ada 4 nama yang pertarungan paling kuat, yaitu Irvan, Firdaus, Septina dan Ayat," pungkasnya.

Dari hasil rapat pleno itu, ditemukan 8 nama yang telah mendaftar ke DPD PAN untuk bertarung pada Pilkada Pekanbaru pada awal tahun 2017 nanti. Adapun 8 nama tersebut yang akan diusulkan ke DPP diantaranya, Irvan Herman, Jufri Zubir, Nofrizal, Firdaus Ces, Dastrayani Bibra, Edi Satria, Ade Hartati dan Dwi Agus Sumarno

"Nama-nama ini direkomendasikan untuk posisi walikota dan wakil walikota. Nama ini akan dikirim ke DPW PAN untuk dilanjutkan ke DPP PAN dalam waktu dekat ini. Nama yang direkomendasikan ini berdasarkan hasil survei," kata Ketua PAN Pekanbaru Nofrizal.

Dalam survei, PAN menempati posisi kedua setelah Golkar untuk partai yang mendapat dukungan terbanyak di Kota Pekanbaru. PAN yang saat ini memiliki modal 5 kursi, membutuhkan koalisi dengan partai lain untuk melengkapi syarat ikut Pilkada yakni 9 kursi.( sumber :nal/goriau.com )    

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT