Beredar Selebaran Gelap Bernuansa SARA, Kemenag Minta Umat Islam Tak Terpancing

Beredar Selebaran Gelap Bernuansa SARA, Kemenag Minta Umat Islam Tak Terpancing
H Sarpeli ( kiri ) dan Erizon Efendi ( kanan ) usai berkoordinasi . ( foto : situskemenagkuansing )

TELUK KUANTAN – Senin ( 8/8/2016 ) subuh beredar selebaran gelap disekitar kota Teluk Kuantan yang intinya menyudutkan dan melemahkan Islam, untuk itu Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kuantan Singingi meminta umat Islam tidak terpancing dengan hal ini.

“ Selebaran yang disebarkan orang tak bertanggungjawab itu memang menyudutkan, tetapi Kita minta umat Islam di Kuansing tidak terpancing, jangan terpancing serahkan kepada pihak berwajib penanganan nya,”ujar Kepala Kantor Kemenag Kuansing , H Erizon Efendi, yang dikonfirmasi Selasa ( 9/8/2016 ) siang.

“ Bisa jadi yang menyebarkan memang berniat membuat daerah Kita tak kondusif, makanya umat jangan terpancing,”ulangnya.

Kemenag sendiri ujarnya usai berkoordinasi dengan pengurus Majelis  Ulama Indonesia ( MUI ) Kuansing usai menerima informasi hal ini dan sepakat menyerahkan  permasalahan ini kepada Polres Kuansing. “  Kejadian ini sudah Kita laporkan ke Polres,”ujarnya.

Erizon juga mengimbau kepada masyarakat, agar  mempertanyakan hal ini kepada Kemenag dan MUI Kuansing bagi yang kurang jelas informasinya, sehingga tidak mendapatkan informasi yang keliru sehingga membuat suasana tidak kondusif.

“ Mari Kita percayakan penanganannya kepada Polisi, dan tidak mengambil kesimpulan atau tindakan-tindakan sendiri, karena kedepan bisa saja selebaran seperti itu denganmodus yang sama atau lain diedarkan di daerah lain di Kuansing ini, makanya Kita sampaikan sejak dini kepada masyarakat untuk melakukan antisipasi,”ujarnya.

Menurut Erizon, kasus beredarnya selabaran gelap bernuansa SARA ini hanya terjadi di Kuansing. “ Saya sudah chek ke kabupaten dan  kota lain, ternyata tidak ada, hanya ada di Kuansing, untuk itu sekali lagi Kita minta masyarakat waspada dan mawas diri,”ujarnya.

Begitu juga jika mendapatkan selebaran-selebaran itu segera laporkan ke Polisi agar pihak berwajib dapat menangani sesuai aturan yang ada. “ Mari Kita jaga situasi kondusif didaerah Kita, Kita juga menyampaikan hal ini agar masyarakat tidak terkejut dan terpancing jika mendapatkan selebaran-selebaran tak bertanggung jawab yang mungkin terjadi lagi, daerah Kita harus kondusif,”pungkasnya. (isa )

Berita Lainnya

Index