Pasar Modern Tidak Akan Matikan Pasar Rakyat

Pasar Modern Tidak Akan Matikan Pasar Rakyat
Salah satu sudut Pasar Rakyat Teluk Kuantan. ( isa )

TELUK KUANTAN - Terkait rencana pembangunan pasar modern oleh Pemkab Kuansing, banyak kalangan mengkhawatirkan bakal berdampak pada Pasar Rakyat dan pasar tradisional atau pasar lumpur.
" Kekhawatiran tersebut sudah dikaji dengan seksama, sehingga kehadiran pasar modern yang ditahu masyarakat tidak akan menganggu Pasar Rakyat. Pasar Modern akan memperkuat basis ekonomi dan melengkapi pasar Rakyat,"ujar Kadis Pasar Kebersihan dan Pertamanan Kuansing, Jafrinaldi, AP, Jumat ( 28/12 ) siang.
Lagipula ujarnya, Pasar Modern yang akan dibangun tidak seperti yang dibayangkan masyarakat. Karena Pasar Modern yang dimaksud merupakan pasar tradisional yang dikelola secara modern termasuk bangunan nya juga modern. Jadi didalam komplek pasar modern akan  ada pasar modern dan pasar tradisional dengan konsep one stop shopping. Artinya sekali mendatangi pasar ini, masyarakat dapat memenuhi seluruh kebutuhan mereka.
Selain itu ujarnya ada perbedaan yang nyata antara pasar modern dan pasar Rakyat. Kalau pasar Rakyat sebagian besar berbentuk kios, sementara pasar tradisional berbasis modern tersebut banyak ruang-ruang terbuka yang luas yang dapat disewa oleh pedagang termasuk retail-retail besar.
" Jadi didepan pasar tradisional modern tersebut nantinya, di depan akan ada ruang untuk pedagang menggelar barang dagangan, tempat warga memesan makanan dan minuman sambil menunggu istri belanja, ruang bermain anak,"ujarnya.
Dibelakangnya baru ada tempat bagi pasar tradisional untuk warga membeli berbagai kebutuhan Sembako. " Jadi didepan bisa tempat nyantai, bermain membeli aneka  barang pelengkap, antara pedagang dan konsumen juga terjadi tawar menawar harga laiknya pasar tradisional,"ujarnya.
Beda lainnya dengan Pasar Rakyat ujarnya, pengelolaannya juga akan menerapkan konsep modernitas. Sehingga jika terjadi permasalahan, pengelola dapat mengatasinya dengan cepat pula.
Diakuinya sejumlah anggota Komisi C DPRD Kuansing mempertanyakan keberadaan pedagang di pasar lumpur jika pasar modern terwujud, menurutnya pasar lumpur bukan lah pasar , namun terminal yang dmanfaatkan pedagang untuk berjualan.( isa )

Berita Lainnya

Index