Juara Rayon Lagi, Ngiang Kuantan Cahayo Nagori Calon Bintang Tahun 2016

Juara Rayon Lagi, Ngiang Kuantan Cahayo Nagori Calon Bintang Tahun 2016
Jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori saat hendak kembali ke kajang. ( ktc )

 

TELUK KUANTAN – Jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari desa Kampung Baru kecamatan Gunung Toar, sudah boleh disebut calon bintang tahun 2016, setidaknya hingga pacu jalur rayon kecamatan yang sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali.  Fisik yang prima dan mental juara yang baik membuat jalur yang berkostum ciri khas putih dan ikat kepala biru ini ditahun 2016 mampu berpretasi baik ketika berlaga di arena sendiri maupun arena lain.

 Setiap pacu jalur rayon yang diikutinya, setakat ini jalur ini berhasil meraih juara pertama, masing-masing di pacu jalur rayon II di tepian Pantai desa Lubuk Terentang kecamatan Gunung Toar dan baru saja, Sabtu ( 6/8/2016 ) sore tadi kembali berhasil meraih juara pertama di pacu jalur kecamatan rayon III di tepian Rajo kecamatan Pangean.

Setidaknya dengan prestasi jalur dari desa yang dipimpin Kades Syahril tersebut, dengan dua kali juara pertama, sudah separuh pacu jalur rayon kecamatan dirajainya. Sejatinya jika ditambah dengan juara yang diraih diajang uji coba Gunung Toar, sudah tiga koleksi juara pertama diraih jalur ini. Akahkah keperkasaannya akan terus berlanjut dan dipertahankan,  akan dibuktikan di pacu jalur kecamatan Rayon IV di Tepian Datuk Bandaro Lelo Budi di Pulau Banjari Kari kecamatan Kuantan Tengah yang akan dimulai 11 Hingga 13 Agustus mendatang.

 Dengan prestasi ini, jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori menjadi salah satu jalur andalan Kuansing yang diharapkan dapat menahan keperkasaan jalur-jalur Inhu pada ajang pacu jalur event nasiona 23 hingga 26 Agustus mendatang.

Di babak grand final Tepian Rajo, Sabtu sore, jalur ini mampu mematahkan perlawanan jalur

Panah Ombak Sutan Mudo dari Batang Peranap Inhu. Atas kekalahan itu, Panah Ombak berhak menempati peringkat kedua.Sedangkan diperingkat ketiga ditempati jalur Tuah Koghi Dubalang Ghajo dari Pintu Gobang Kari Kecamatan Kuantan Tengah. Dan jalur Raja Laut bertengger di peringkat keempat.

 

 

Langkah Ngiang Kuantan Cahayo Nagori menjadi jawara diarena ini tidak lah mudah. Sebagaimana diketahui hilir sungai Kuantan memiliki jalur-jalur yang terkenal laju, seperti Siposan Rimbo RAPP, Meriam Onggang Parau, Sijontiak Lawik Pulau Tanamo dan Pulau Laghe Mandulang Untuang serta Raja Laut Tobiang Ayie Grup dan siap menghadangnya. Belum lagi jalur asal Inhu dan bagian tengah seperti Tuagh Koghi Dubalang Gghajo yang juga berhasrat menjadi juara diajang ini. Ajang ini menjadi special karena bertemunya jalur hulu, tengah dan hilir sungai Kuantan untuk pertama kalinya. Siapa yang juara diarena ini menurut perkiraan banyak pecandu dan pengamat jalur berpeluang berjaya diarena Tepian Narosa.

Tantangan yang dihadapi Ngiang Kuantan Cahayo Nagori justru bukan dibabak final dibabak perdelapan final. Saat itu jalur ini harus menghadapi Siposan Rimbo RAPP yang beberapa kali menjadi juara di event nasional Tepian Narosa Teluk Kuantan..

Sejak cagak tanda pacu dimulai menggema, gemuruh dukungan, hysteria pekikan penonton mendukung kedua jalur bergema disepanjang arena. Teriakan tambah tenaga Ngiang dan Siposan, ayo  Ngiang dan Siposan serta Kayuah Ngiang dan Siposan untuk memberikan spirit disertai kepalan tangan dan meloncat-loncat sadar atau tidak sadar yang dilakukan penonton untuk pemacu kedua jalur ini terdengar sepanjang arena yang membuat bulu roma berdiri saking serunya laga dua jalur ini.

Kedua supporter seperti tak ingin kehilangan momen dan melihat dengan seksama detik demi detik sengitnya pertarungan kedua jalur ini hingga ke pancang finish.

Namun apa hendak dikata seperti sering disampaikan reporter jalur kenamaan Kuansing, Darwis, jalur Siposan Rimbo RAPP dijalan sebelah kiri harus mengakui keunggulan jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori  dijalan sebelah kanan. Sejak kekalahan Siposan Rimbo, banyak penonton sudah memprediksi Ngiang Kuantan Cahayo Nagori bakal juara.( isa )

 

 

 

‎Daftar Juara Pacu Jalur Rayon III Kec.Pangean

 

1. Ngiang Kuantan Cahayo Nagori (Gunung Toar)

2. Panah Ombak Sutan Mudo Indragiri ( INHU)

3. Tuah Koghi Dubalang Ghajo (Kuantan Tengah)

4. Raja Laut (Kuantan Hilir Seberang)

5. Siposan Rimbo RAPP (Pangean)

6. Upae Saghok Rimbo Dusun (Kuantan Hilir)

7. Punting Baliyuang Sirajo Beleng (Sentajo Raya)

8. Pulau Laghe Mandulang Untuang (Kuantan Hilir)

9. Rajawali Seberang Taluk ( Kuantan Tengah)

10. Sijontiak Lawik Pulau Tanamo (Cerenti)

11. Linggar Jati JA RAPP  ( Pangean)

12. Olang Barantai Padang Kunik (Pangean)

13. Limo Piako Niasan Nagori KNPI Kuansing (Logas Tanah Darat)

Berita Lainnya

Index