Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

BSN Produksi 50 Juta Bibit Akasia dan Eucaliptus Pertahun

Kamis,27 Desember 2012 | 08:28:00   Dibaca: 3192 kali
BSN Produksi 50 Juta Bibit Akasia dan Eucaliptus Pertahun
Ket Foto : Sejumlah bibit Akasia yang sedang diproduksi di Baserah Nursery Centre RAPP. ( isa )

TELUK KUANTAN - PT  Riau Andalan Pulp and Paper ( RAPP ) memiliki salah satu pusat pembibitan berteknologi canggih di Kuansing yakni Baserah Nursery Central ( BSN ). BSN mampu menghasilkan 50 Juta bibi Akasia dan Eucaliptus  setiap tahun nya.

Menurut Estate Manajer Sektor Baserah PT RAPP, Rudiyanto kepada wartawan, Kamis (27/12) , BSN merupakan satu dari tiga  pusat pembibitan milik PT RAPP yang ada, diantaranya  Kerinci Nursery Centre ( KCN ) dan Pelalawan Nursery Centre ( PCN ).
Khusus untuk BSN ulasnya,  merupakan bibit-bibit yang akan ditanam di daerah dengan topografi mineral soil atau daerah tinggi, sedangkan KSN dan PCN menghasilkan bibit untuk kawasan gambut atau lahan yang berair.
" BSN merupakan salah satu pembibitan terbesar milik PT RAPP,"ujarnya.
Karena itu bibit dari BSN didroping untuk sektor-sektor perusahaan  ini yang ada di Riau sendiri, perbatasan Riau dan Sumatera serta Sumatera Barat. " Pasokan dari seluruh sektor untuk lahan di luar gambut dipasok dari BSN ini,"ujarnya.
Menurutnya  mengingat target menghasilkan bibit cukup banyak setiap tahun Rp 50 Juta, maka BSN menggunakan penerapan teknologi canggih dari Swedia hingga Israel. Terutama sistem hidrant untuk melakukan
kegiatan penyiraman terhadap bibit yang sedang ditanam didalam sebuah ruangan khusus.
" Jadi penyemprotan air juga menggunakan teknologi canggih, setiap saat sesuai kondisi cuaca dan iklim yang ada yang harus dilakukan penyiraman, maka alat semprot canggih akan bekerja dengan sendiri nya,"ujarnya.
Disamping itu yang menggembirakan ujarnya, 60 persen tenaga kerja yang ada di BSN merupakam Naker lokal atau masyarakat yang ada disekitar operasional perusahaan atau desa-desa tempatan.
" Sisanya berasal dari Jawa, Sumut dan yang lain nya, Kita bersyukur Alhamdulillah  Naker lokal betah bekerja, seperti dari Inuman, Pangean, Logas Tanah Darat dan Kuantan Hilir, secara perlahan akan terjadi transfer ilmu dan tekonologi kepada mereka,"ujarnya.( isa )

Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.