Arena tepian Rajo Pangean siap menampung penonton pacu jalur rayon III 2016. ( ktc )

Hari Ini Pacu Jalur Rayon III Dimulai, Dua Jalur Inhu Tantang 95 Jalur Kuansing

Kamis,04 Agustus 2016 - 09:58:00 WIB
Share Tweet Google +


PANGEAN – Pacu jalur kecamatan rayon III bakal dimulai hari ini, Kamis ( 4/9/4016 ) hingga Sabtu ( 7/8/2016 ) mendatang. Dua jalur asal kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ) bakal menantang keperkasaan jalur-jalur asal Kuantan Singingi ( Kuansing ) di tepian Rajo Pangean baik yang berasal dari hilir, tengah dan hulu sungai Kuantan.

Apakah jalur-jalur  asal Inhu mampu membuat jalur-jalur asal Kuansing gulung kajang, atau jalur-jalur asal Inhu yang akan bertekuk lutut dihaluan jalur asal Kuansing, akan dibuktikan pada hari pertama hingga hari kedua ini.

Sementara itu, prestasi gemilang dicapai Panpel pacu jalur kecamatan rayon III. Selama pacu jalur di arena tepian Rajo, baru kali ini jumlah peserta membludak . Saat technical meeting sekaligus pencabutan undian jalan dilaksanakan  terungkap jumlah jalur yang bakal ikut serta mencapai 97 buah jalur.
97 jalur yang ikut serta di rayon III itu  berasal dari 2 kabupaten, 2 jalur dari Peranap Inhu dan 95 jalur dari Kuansing. Mayoritas kecamatan di Kuansing pun mengutus jalur-jalur unggulannya, antara lain, 25 jalur dari Pangean, 17 jalur dari Benai, 16 jalur dari Kuantan Tengah.

Sedangkan Kuantan Hilir Seberang mengutus 9 jalur, Kuantan Hilir 7 jalur, Inuman juga 7 jalur. Seterusnya, Cerenti mengirim wakilnya 5 jalur, Sentajo Raya 4 jalur, Gunung Toar 3 jalur, Kuantan Mudik dan Logas Tanah masing-masing mengutus 1 jalur.

Sesuai jadwal, Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini MSi akan membuka iven pacu jalur rayon III di Pangean. Pembukaannya pun akan dimeriahkan dua berondo yang merupakan khas negeri Pangean. Berondo ini akan mengangkut tamu kebesaran, orang nomor satu di Kuansing dan para pemuka adat, pemuka masyarakat yang ada di Pangean. Sehingga Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra SE berharap, semua pihak mensukseskan perhelatan pacu jalur rayon III ini.

"Pacu jalur adalah tradisi asli masyarakat Kuansing, dan kewajiban kita semualah untuk melestarikannya. Dan kami mengajak semuanya untuk mensukseskan pesta rakyat Kuansing ini," disela-sela saat technical meeting di Kantor Camat Pangean, Rabu (3/8/2016) kemarin kepada wartawan.( utr )

 Peserta Pacu Jalur Rayon III Pangean 2016
1. Pangean : 25 Jalur
2. Benai : 17 jalur
3. Kuantan Tengah : 16 jalur
4. Kuantan Hilir Seberang : 9 jalur
5.  Kuantan Hilir : 7 jalur
6. Inuman : 7 jalur
7. Cerenti : 5 jalur
8. Sentajo Raya : 4 jalur
9. Gunung Toar : 3 jalur
10. INHU : 2 jalur
11. Kuantan Mudik : 1 jalur
12. Logas Tanah Darat : 1 jalur
Jumlah :  97 jalur

Sumber : Panitia Pacu Jalur Rayon III Pangean 2016

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT