FKUB Kuansing Gelar Dialog Cegah Radikalisme Dalam Beragama

FKUB Kuansing Gelar Dialog Cegah Radikalisme Dalam Beragama
Dialog cegah radikalisme dalam beragama. ( ktc )

TELUK KUANTAN – Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kuantan Singingi (Kuansing), Kamis ( 28/7/2016 ) menaja dialog cegah radikalisme dalam beragama di Balai Diklat Pemkab Kuansing di Teluk Kuantan.

Kegiatan yang dibuka Ketua FKUB Kuansing, H Bahtiar Saleh ini merupakan kerjasama FKUB  dengan Bertuan Insan Negeri Pekanbaru, menghadirkan lima orang narasumber masing-masing ketua MUI Kuansing, H. Sarpeli, Kepala Kantor  Kemenag Kuansing, H. Erizon Efendi, Akademisi, H. Mulkan M Sarin, Ketua FKUB Kuansing, H. Bahtiar Shaleh, Kapolres Kuansing, AKBP Dasuki Herlambang.

Dialog ini diikuti ri oleh 50 orang peserta yang terdiri dari tokoh adat, tokoh masyarakat, perwakilan Ormas, perwakilan pondok pesantren dan mahasiswa.
Kepala Kantor Kemenag Kuansing, Erizon Efendi dalam paparannya menyatakan, pembangunan kerukunan umat melalui konsep toleransi, konsep kerukunan meliputi Intern umat beragama, antar umat beragama dan umat beragama dengan pemerintah.

Sementara Ketua FKUB Kuansing, H. Bahtiar Saleh menyampaikan semua agama mengajarkan kedamaian. Radikalisme yang dimunculkan untuk menolak agama tertentu salah satu solusi meredamnya melalui pendidikan.

Akademisi Mulkan Sarin dalam materinya membeberkan, sebab sebab munculnya radikalisme salah satunya adalah taqlid atau buta dan lemahnya penegakan hukum. Menurutnya, salah satu upaya mengantisipasi radikalisme melalui Tarbiyah atau pembinaan yang komprehensif, penegakan hukum yang adil.

Seterusnya ketua MUI Kuansing, Sarpeli menyampaikan, konsep radikalisme dalam Islam memperlakukan orang kafir bukan sebagai musuh tapi dilindungi darah dan hartanya. Begitu juga jihad dalam Islam bukan kekerasan tetapi tetap dipandu oleh Al Quran dan Sunnah Rasul.

Kapolres Kuansing, AKBP Dasuki Herlambang menyampaikan, toleransi dibangun dengan mengikuti aturan yang sudah ada dan memberi rasa hormat kepada kepada aturan yang telah disepakati bersama.( utr/rls )

Berita Lainnya

Index