Arena pacu jalur tepian Lubuak Sobae Baserah. ( ktc )

Mantap, KHS Perdana Jadi Rumah Pacu Rayon , Pecahkan Rekor Jumlah Peserta

Minggu,24 Juli 2016 - 07:17:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN – Kuantan Hilir Seberang, kecamatan yang berdiri pada tahun 2012 ini patut diacungi jempol. Perdana menjadi tuan rumah, namun berhasil mencatatkan rekor sejarah saat menjadi tuan rumah pacu jalur kecamatan rayon I yang akan digelar, Senin ( 25/7/2016 ) hingga Rabu ( 27/7/2016 ).

Bayangkan setelah hasil technical meeting dan pencabutan undian, Minggu ( 24/7/2016 )  tercatat 96 jalur ikut serta, jalur yang ikut serta itu pun berasal dari Kuantan Singingi ( Kuansing ) dan kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ). Tak ayal pacu jalur kecamatan rayon I ini akan menjadi debut awal pertemuan jalur-jalur asal Kuansing dan Inhu.

Karena itu pacu jalur yang akan dilaksanakan di tepian Lobuak Sobae ini akan dihadiri berbagai utusan jalur, untuk menguji sekaligus mengintip kekuatan jalur sebelum berlaga diajang akbar Tepian Narosa Teluk Kuantan. Juara diarena ini juga diprediksi  salah satu kandidat jawara di  ajang pacu jalur event nasional.


"Alhamdulillah, kami tidak menyangka pesertanya akan mencapai 96. Ini tercatat dalam sejarah sebagai peserta terbanyak sejak pacu jalur dilaksanakan di Lubuak Sobae," kata Camat Kuantan Hilir Seberang, Zulmaswan, saat technical meeting di aula Kantor Camat Kuantan Hilir Seberang, Minggu siang .

Banyaknya jumlah jalur tak ayal membuat Camat KHS bangga dan berterima kasih kepada seluruh jalur yang telah berpartisipasi.

Dari 96 jalur yang berpartisipasi dalam ajang pacu jalur rayon di Kuantan Hilir Seberang ini, berasal dari Inhu sebanyak 4 jalur. Kecamatan Kuantan Tengah mengutus sebanyak 5 jalur, Kecamatan Sentajo Raya 4 jalur, Logas Tanah Darat sebanyak 1 jalur dan 1 kampus Uniks juga mengutus 1 jalur.

Sementara itu, Kecamatan Pangean terbanyak mengutus jalurnya. Ada 18 jalur yang berasal dari Pangean. Dari Benai ada 13 jalur, Kuantan Hilir 10 jalur. Sedangkan tuan rumah hanya mengikutkan 17 jalur dan Inuman 15 jalur. Sedangkan Cerenti mengutus 8 jalur.

Selain Camat KHS Zulmaswan, hadir pula Camat Inuman Drs Akhyan Armofis, Kapolsek Kuantan Hilir AKP Efrion dan Ketua Umum Pacu Jalur Jasmadi SPd serta dihadiri seluruh perwakilan jalur. Lantas, Camat Zulmaswan pun menghimbau. Seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan dan menciptakan suasana yang kondusif selama perhelatan Pacu Jalur Rayon I ini berlangsung.
Sementara itu, Kapolsek Kuantan Hilir AKP Efrion mengajak masyarakat, dan juga seluruh peserta untuk mensukseskan pesta rakyat Kuansing ini. "Tanggungjawab kita semua untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pacu jalur ini berlangsung," katanya.( isa )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT