Pembukaan Pacu Jalur Ivent Nasional 2016 Dimeriahkan Tari Massal Mangonji

Pembukaan Pacu Jalur Ivent Nasional 2016 Dimeriahkan Tari Massal Mangonji
Sebagian peserta tari massal Mangonji sedang melaksanakan latihan. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Pembukaan pacu jalur ivent nasional 2016 bakal dimeriahkan tari massal "Mangonji". Tak tanggung-tanggung lebih kurang 700 penari akan diboyonh ikut serta memberi suguhan menarik bagi tamu dan pengunjung yang akan hadir pada acara pembukaan tradisi agung masyarakat Kuansing di lapangan Limuno tersebut.

 

Sutradara Tari Massal Mangonjo, Epi Martison kepada wartawan belum lama ini mengungkapkan, tari massal Mangonji terinspirasi dari akar budaya masyarakat Kuansing yang sarat akan nilai-nilai kearifan lokal yaitu Konji Barayak.

 

" Tarian ini wujud ekspresi sujud syukur kepada Allah SWT. Melalui tarian Mangonji sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali semangat kebersamaan, gotong rooyng dan bersatu padu bahu membahu untuk merajut kembali silahturahmi yang pernah terkoyak dan beserak merak pasca Pilkada,"ujarnya.

 

Diakui seniman bertaraf nasional lulusan Insititut Kesenian Jakat ( IKJ ) tersebut, untuk mempersiapkan tari massal ini butuh kerja keras. " Bayangkan ada lebih kurang 700 penari yang akan ikut serta, karena itu saat ini bersama tim lainnya sedang melakukan pelatihan instensif terhadap 700 siswa yang akan ikut serta,'bebernya.

 

" Siswa yang Kita rekrut berasal dari SMA dan SMK serta MAN yang ada di Kota Teluk Kuantan,"tambahnya.

 

Selanjutnya, saat ini sejumlah pelatih sudah digembleng untuk memberikan latihan kepada peserta. " Untuk tahap ini penari menggelar pelatihan di masing-masing sekolah dengan pola yang sudah diberikan kepada masing-masing pelatih, ada juga di balai kesenian daerah Narosa Teluk Kuantan,"katanya.

 

Nantinya lanjut Epi Martison setelah mahir, akan diadakan uji coba tari kolosal tersebut di stadion Sport Centre. " Kita akan berikan suguhan menarik bagi warga yang akan menghadiri acara pembukaan pacu jalur ivent nasional 2016 ini, "janjinya.( isa )

Berita Lainnya

Index