Rumah pelaku saat hendak dibakar massa. ( ktc )

Curi Sawit, Rumah Pelaku dan Sejumlah Kenderaan Dibakar Massa

Rabu,10 Mei 2016 - 09:30:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN- Diduga terlibat dalam aksi pencurian sawit milik warga Desa Sukaraja, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuantan Singingi, rumah milik salah seorang pelaku berinisial Is (33) yang terletak di Desa Sako Margasari, LTD dibakar massa. Tidak hanya rumah, sejumlah kenderaan roda 4 dan roda 2 miliknya tak luput dari amukan massa yang geram atas perbuatan pelaku. 
Berdasarkan keterangan resmi dari Kapolres Kuantan Singingi, AKBP Edy Sumardi Priadinata, S.Ik melalui humas Polres, Iptu Musabi dalam rilisnya diketahui bahwa peristiwa tersebut terjadi pada hari Selasa (10/5/2016) sekira pukul 05.30 WIB.
Adapun kronologis kejadiannya kata Musabi, bermula dari ditangkapnya salah seorang tersangka inisial AA (20) saat melakukan pencurian tandan buah sawit di lahan perkebunan warga tepatnya di kebun milik Waryoko warga Desa Sukaraja, LTD. Tersangka AA sendiri diketahui sebagai warga Desa Muara Langsat, Kecamatan Sentajo Raya.
Setelah ditangkap, TSK ini kata Musabi langsung diamankan warga ke Pos Polisi desa Sukarja. Saat diintrogasi, tersangka mengaku kalau dirinya melakukan aksi tersebut bersama dua tersangka lainnya yaitu  Rn (21) warga desa Muara Langsat, Sentajo Raya dan Is (33) warga desa Sako Margasari, LTD.
Mendengar pengakuan tersangka ini, masyarakat yang sudah geram atas tindakan pelaku langsung mendatangi rumah pelaku Is di Desa Sako Margasari, LTD untuk menangkap pelaku.
Sadar rumahnya sudah dikepung warga, pelaku Is dan Rn yang saat itu memang sudah berada di rumahnya berusaha kabur dengan naik ke atas atap rumahnya. Sementara pelaku Rn sembunyi di kenderaan Colt Diesel milik pelaku Is yang terletak di depan rumah tersebut.
Tahu pelaku mencoba menyelamatkan diri, maka ratusan warga yang sudah mengepung rumah tersebut langsung melempari rumah dan sejumlah kenderaan milik pelaku. 
Dan akhirnya, rumah milik pelaku dan sejumlah kenderaan dibakar massa.
Pihak kepolisian dari Polsek LTD yang mendatangi TKP mencoba untuk meredam emosi warga, dan alhasil pelaku dapat diselamatkan dari amukan massa.
Saat ini, ketiga pelaku kata Musabi sudah diamankan di Mapolres Kuantan Singingi untuk diproses lebih lanjut.
Adapun akibat dari peristiwa tersebut yaitu satu rumah dibakar, satu unit Colt Diesel Ps 125, 1 Unit Picup Ford dan Satu unit sepeda motor juga dibakar. Semuanya milik pelaku.
Atas kejadian tersebut kata Musabi, Wakapolres Kuansing bersama Kabag Ops dan Kapolsek juga sudah mendatangi TKP untuk menenangkan warga yang tersulut emosi agar tidak main hakim sendiri dalam menyelesaikan permasalahan ini.
Sementara itu dari keterangan sejumlah warga menyebutkan bahwa selama ini masyarakat memang sudah lama resah atas tindakan pelaku."Ini akumulasi kemarahan warga. Sebab, keberadaan Is bersama anak buahnya sudah lama meresakan masyarakat, tapi memang belum ada yang berani melapor,"kata salah seorang warga yang engan namanya dipublikasikan usai kejadian tersebut.
Menurut sumber tersebut, Is merupakan toke sawit. Namun, tindakannya yang sok jagoan, sehingga sangat sering bertindak sesuka hati.
"Bahkan, dia sering kali panen sawit kami. Tidak hanya itu, dia juga menampung sawit hasil curian," ujarnya.
Karena sudah kesal, lanjut dia, warga sekitar sepakat untuk menangkap Is bersama anak buahnya. Tepat sekitar pukul 05.30 Wib, AA (20) warga Muara Langsat Kecamatan Sentajo Raya ditangkap warga saat mencuri sawit milik Waryoko di Sukaraja.
"Setelah kami tangkap dan dia mengaku bahwa mencuri sawit bersama Is dan Rn," ujar pria ini. Rn (21) merupakan warga Muara Langsat Kecamatan Sentajo Raya.
Mendapat informasi tersebut, lanjut dia, warga yang sudah berkumpul sebanyak 400 orang langsung mendatangi rumah Is di Sako Margasari. Namun, Is tidak mau keluar. Akibatnya, masyarakat mulai marah dengan melempari jendela rumahnya.
Tidak hanya itu, warga semakin marah hingga membakar rumah dan dua unit kendaraan roda empat berupa Colt Diesel dan Pick Up serta sepeda motor milik Rn.
"Kebetulan, Rn bersembunyi di Colt Diesel. Makanya, mobil tersebut ikut diamuk massa," ujar sumber ini.
Saat ini, ketiga pelaku sudah diamankan oleh polisi untuk proses hukum lebih lanjut. Sementara, warga yang beringas sudah dibubarkan oleh polisi dan beraktivitas seperti semula.( utr)

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT