Sepasang kekasih saat mengabdikan cinta dengan latar belakang air terjun Tangko. ( ktc )

Indahnya Air Terjun Sungai Tangko, Ayo Kesana Sambil Berpetualang di Alam Yang Eksotis

Senin,17 April 2016 - 12:16:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUKKUANTAN – Antau Singingi yang meliputi dua kecamatan masing-masing Singingi dan Singingi Hilir tidak hanya kaya sumber daya alam seperti batubara emas, mangaan dan perkebunan dan peternakan. Namun juga menyimpan pesona keindahan alam yang luar biasa.

Salah satunya air terjun Tangko yang ada di kawasan suaka margasatawa Bukit Rimbang Baling. Salah satu akses yang dapat ditempuh untuk menikmati anugerah Allah SWT yang luar biasa itu dapat dari desa Petai.

Dari desa Petai yang terdapat dijalan lintas Teluk Kuantan Pekanbaru, untuk mencapai air terjun Tangko membutuhkan waktu 45 menit menggunakan sepeda motor, ditambah 30 menit berjalan kaki.

Sepeda motor dapat masuk karena sebelum mencapai air terjun tersebut terdapat dua lokasi perusahaan masing-masing HTI PT. RAPP Sektor Logas dan perusahaan batu bara PT Manunggal Inti Arthamas. Kedua perusahaan ini berbatasan dengan kawasan suaka marga satwa Rimbang Baling.

Saat melewati areal dua perusahaan ini, kawasan yang berada dikaki pegunungan Bukit Barisan itu jelas menyediakan tanjakan dan turunan yang ekstrem. Bagi yang pernah ke desa Pangkalan Indarung hampir persis sama medan nya bahkan sedikit lebh ekstrem.

Sebelum mencapai kawasan suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling sebagai lokasi air terjun Tangko, perusahaan terakhir yang akan dijumpai PT. Manunggal Inti Arthamas. Selepas areal perusahaan, untuk menuju lokasi akan ditempuh berjalan kaki .

Dari kawasan perbatasan antara perusahaan dan suaka margasatwa untuk mencapai lokasi masih membutuhkan waktu selama 30 menit berjalan kaki. Sudah dapat dibayangkan tantangan berjalan ditengah hutan belantara.

Air Terjun Tangko tingginya mencapai 30 meter. Menjadi eksotis dan sangat indah karena berada di kawasan hutan nan perawan, disini pengunjung akan ditemani kicauan burung dan fauna hutan yang sangat khas.

Pengunjung akan merasa kecil dan merasa anugerah Tuhan yang luar biasa saat menuju dan berada dikawasan ini mengingat panorama bukit berjejer dan jurang terjal yang terbentang saat perjalanan kesalah satu objek wisata yang akan dipromosi warga setempat.

Selain air terjun Tangko masih ada air terjun Tazam yang juga luar biasa. Warga desa Petai berusaha menemukan air terjun tersebut dan merintis jalan menuju destinasi wisata tersebut. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT