JCH Kuansing saat berangkat ke tanah suci tahun lalu. ( ktc )

Antrean Makin Panjang, Sejak Dibangku SD Sudah Bisa Daftar Naik Haji,

Jumat,15 April 2016 - 04:03:00 WIB
Share Tweet Google +

 

TELUKKUANTAN – Sejak masih dibangku SD warga Kuansing sudah dapat didaftarkan untuk ikut dalam rombongan haji ke tanah suci. Sebab jika sudah mendaftar pun, enam belas tahun kemudian baru dapat berangkat menunaikan ibadah haji.

"Kalau masyarakat mendaftar sekarang, maka 16 tahun lagi baru akan berangkat ke tanah suci," ujar Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kuantan Singingi, Erizon Efendi, Jumat ( 15/4/2016 ) siang.

Artinya kalau ingin cepat menunaikan ibadah haji ungkapnya, sejak masih di SD, sudah bisa didaftarkan. Penyebabnya kuota jemaah haji Indonesia terus berkurang, dan untuk Kuansing sendiri tetap sebanyak 200 orang.

“ Karena itu warga yang masih menempuh pendidikan SD sudah diperbolehkan untuk daftar haji. Kondisi ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya diperbolehkan ketika sudah SMP,”ujarnya.

"Situasi akan berubah, jika Arab Saudi mengembalikan kuota 20 persen tersebut. Mungkin kalau renovasi masjid selesai, baru kuaota penuh lagi,"tambahnya.

Karena itu Erizon mengimbau, bagi warga yang sudah usia lanjut dan baru berencana untuk naik haji hendaknya melaksanakan umrah. “ Mengingat daftar tunggu cukup lama, warga lansia yang hendak mendaftar naik haji reguler takut tidak kesampaian,”pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT