Peserta duduk bersama forum Kades, BPD dan tokmas wilayah hilir. ( ktc)

Forum Kades-BPD-Tokoh Adat Sepakat Bentuk Kabupaten Baru di Wilayah Hilir

Selasa,05 April 2016 - 08:43:00 WIB
Share Tweet Google +


TELUKKUANTAN – Aspirasi masyarakat 6 kecamatan di bagian wilayah hilir Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) untuk membentuk daerah otonom baru (DOB) mulai menjadi perjuangan nyata. Senin ( 4/4/2016 ), pemuka masyarakat dan  Forum Kepala Desa (Kades), Forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Tokoh Adat se-wilayah hilir menyatakan sepakat untuk membentuk kabupaten baru.

Bahkan kesepakatan tersebut dituangkan ole dalam surat pernyataan di acara duduk bersama dengan semua elemen masyarakat dari Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman, dan Cerenti, yang dilangsungkan di Baserah, Kuantan Hilir.

Duduk bersama ini bertujuan menyatukan persepsi menuju DOB di wilayah hilir Kuansing ini dihadiri pula 11 anggota DPRD Kuansing yang berasal dari 6 kecamatan tersebut. Antusiasme untuk pembentukan DOB diperlihatkan semua pihak, baik para ketua dan sekretaris forum kades, BPD dan pemangku adat di setiap kecamatan.

"Kami sangat mendukung, karena pemekaran ini baik untuk kemajuan daerah. Dan kami berharap apapun tantangan yang dihadapi harus dihadapi demi mewujudkan kabupaten baru, dan strategi serta trik mewujudkan ini harus ada," ujar Ketua Forum Kades Pangean, Marwan SP.


Menurutnya, pemekaran akan membuat sebuah kawasan menjadi lebih maju, sama halnya dengan pemekaran Kuansing dari Indragiri Hulu. " Kalau Kuansing tidak dimekarkan dari Inhu, mungkin kemajuan tidak akan dirasakan seperti sekarang ini, pemekaran akan membuat pelayanan pembangunan dan pemerintahan menjadi dekat dengan masyarakat,"cetusnya berapi-api.
Senada dengannya, Ketua Forum Kades Logas Tanah Darat (LTD), Nasripan juga mendukung dan sepakat untuk membentuk kabupaten baru. "Kalau bukan kita yangg merubah siapa lagi, dan tak mungkin orang lain yang akan merubah kita," tegasnya.

Selanjutnya, Ketua Forum Kades Kuantan Hilir, Hasnan Yatim juga dengan lantang sepakat untuk mekar. "Kami mewakili masyarakat Kuantan Hilir sangat mendukung, namun kami berharap kalau tidak sekaran kita mekar kapan lagi. Dan kami siap berjuang bersama," ucapnya.

Ketua Forum Kades Kuantan Hilir Seberang, Masrita, tidak mau banyak omong. Ia minta perjuangan untuk menjadi DOB jangan terhenti ditengah jalan. "Dan kita harus betul-betul berjuang," sambungnya. Dan pernyataan dukungan serta sepakat untuk membentuk kabupaten baru juga diperlihatkan para ketua forum kades di Inuman dan Cerenti. "Semua kita sudah setuju, dan kita harus bekerjasama untuk mencapainya," kata Ketua Forum Kades Cerenti, Mawardi.

Selanjutnya, Tokoh Adat LTD, Abdul Hakim Tas menegaskan, bahwa rencana memisahkan diri 6 kecamatan wilayah hilir dari Kuansing sudah lama. "Dan kami dari LTD sangat mendukung program ini," katanya.

Selanjutnya, Ketua Forum BPD Pangean, Susrandah juga dengan lantang sepakat untuk membentuk DOB. "Ini rencana besar, perlu langkah panjang. Meski ada yang pesimis diantara masyarakat, tapi perjalanan ini harus dilanjutkan agar tujuan kita tercapai," katanya.( isa/utr)

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT