Bupati Instruksikan Distangan Bantu Lahan Sawah Petani yang Terkena Puso

Bupati Instruksikan Distangan Bantu Lahan Sawah Petani yang Terkena Puso
Bupati Kuansing H Sukarmis. ( ktc )
TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis meminta Kadis Tanaman Pangan Kuansing, H Maisir untuk membantu sawah miliki petani yang terkena puso akibat banjir beberapa waktu lalu.
" Pak Kadis tolong bantu petani agar sawah mereka kembali ditanam. Jangan sampai gagal lagi, upayakan dengan maksimal, cari solusi dari provinsi hingga pusat,"ujar Sukarmis di kantor Bupati saat menerima laporan Kadis Tanaman Pangan, Jumat ( 19/2/2016 ).
Bahkan jika perlu kata Sukarmis, digunakan dana APBD Kuansing, kalau dana dari pusat dan provinsi tidak maksimal. " Karena gagal panen akan berdampak buruk bagi masyarakat terutama stok beras untuk dikonsumsi warga,"ujarnya.
Selain itu, katanya, Dinas Tanaman Pangan agar berkoordinasi dengan instansi terkait dalam memulihkan areal sawah yang terkena fuso, agar penanaman kembali setelah bantuan benih tiba dapat berjalan maksimal.
Menurut Sukarmis hasil pengamatannya sendiri terhadap kondisi sawah memang banyak yang rusak. " Kalau pun sekarang masih ada yang hidup, hasilnya juga tidak akan maksimal, karena itu Kita prihatin dan Saya instruksikan agar dinas tanaman pangan dan instansi lain bergerak cepat membantu,"ujarnya.

Sementara itu Maisir kepada wartawan menyatakan, akibat banjir yang terjadi beberapa kali membuat 2.300 hektar areal persawahan terkena puso. ( utr )

Berita Lainnya

Index