ilustrasi. ( ktc )

Manfaatkan Hari Libur, Petugas PLN Teluk Kuantan Cocokkan Data Nomor Identitas Pelanggan

Jumat,19 Februari 2016 - 09:08:00 WIB
Share Tweet Google +


TELUK KUANTAN - Terhitung sejak Januari lalu dan berakhir pada Maret 2016 nanti, petugas PLN Rayon Teluk Kuantan turun kelapangan mendata dan mencocokan Nomor Identitas Pelanggan (IDPEL).

Pencocokan data ini tidak hanya dilakukan pada hari kerja, tetapi juga dilakukan petugas PLN saat hari libur pada Sabtu-Minggu. "Target pemerintah pusat Maret 2016 ini selesai, jadi kita turun selain pada hari kerja juga dilakukan pada hari libur,"ujar Kepala PLN Rayon Teluk Kuantan Azwir kepada wartawan, Sabtu lalu.

Pencocokan data ini ujar Azwir dengan mendatangi setiap rumah pelanggan yang sudah ada datanya dikirim oleh pusat melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. "Kita berusaha Maret ini selesai, jadi sekarang tidak ada hari libur bagi petugas,"ujarnya.

Pendataan ini dilakukan dengan mencocokkan data pelanggan dengan data rumah tangga pada Basis Data Terpadu (BDT).  Dimana ini ditujukan agar subsidi listrik yang diberikan pemerintah tepat sasaran, yaitu untuk rumah tangga miskin dan rentan.

"Di Indonesia sendiri ada empat juta pelanggan yang akan dicocokan data IDPELnya,"ujar Azwir.

Jadi ujarnya, tugas kita hanya mendata dan mencocokkan IDPEL pelanggan berdasarkan data BDT yang dikelola oleh TNP2K. Apakan nama pelanggan tersebut sudah cocok atau tidak dengan IDPEL. "Ya, tugas kita hanya mencococokan data, dan saat ini terus berjalan,"katanya.

Tujuan dari pendataan ini ujarnya, pemerintah memberikan subsidi kepada masyarakat pengguna listrik 45o dan 900 Volt Ampere (VA)atau pelanggan rumah tangga golongan tarif R1/450 VA dan R1/900 VA.(utr )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT