Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban di Hulu Kuantan. ( ktc )

Bupati dan Wabup Baru Diharapkan Tidak Fokus Pada Insfrastruktur Semata

Sabtu,19 Februari 2016 - 08:34:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Bupati dan Wabup Kuansing yang akan datang, diharapkan tidak fokus pada pembangunan insfrastruktur semata. Semua sektor perlu mendapat perhatian, agar seluruh sektor dapat tumbuh dan berkembang.

" Beberapa sektor yang perlu mendapat perhatian, antara lain pariwisata, kebudayaan, kesenian. Untuk sektor keagamaan, pendidikan, kesehatan, ekonomi rakyat, insfrastruktu selama ini cukup baik,"ujar Ketua Lembaga Peduli Kuansing, Ilyas.

" Kita lihat alokasi dana untuk pariwisata, kebudayaan dan kesenian belum maksimal. Padahal perkembangan sektor ini dapat menggairahkan ekonomi kerakyatan, dan perekonomia masyarakat tidak hanya terbatas pada sektor perkebunan dan pertambangan serta tanaman pangan holtikultura,"sebutnya.

Perkembangan pariwisata yang baik ditunjang dengan bergairahnya kegiatan kebudayaan dan kesenian membuat sektor rill bergerak. " Pariwisata yang tertata akan mendatangkan orang, kegiatan kebudayaan dan kesenian yang rutin dilaksanakan seperti festival, lomba akan membuat warga hadir menonton, ini akan membuat aktifitas jasa baik bagi pedagang, transportasi, penginpana, hotel, restoran hingga tukang parkir dan pekerja pendukung lainnya,"ujarnya.

Disamping itu ujarnya, sama halnya dengan kabupaten dan kota yang tidak mengandalkan dana bagi hasil Migas sebagai sumber pendapatan daerah, dana APBD juga dialokasikan untuk kegiatan industri kreatif dan hobi. " Berikan dukungan dan hibah bagi organisasi, yayasan atau lembaga agar mereka bisa menggelar kegiatan berskala provinsi yang mengundang orang luar datang.

" Misalnya lomba Adventure, memancing, berburu, lomba burung, olahraga. Ini akan membuat semua prasarana yang telah ada dengan sendirinya berfungsi, misalnya stadion, hotel. Ini memang tergantung kemampuan kepala SKPD meyakinkan kepala daerah dan DPRD kedepannya, "ujarnya.

" Intinya kedepan sektor rill harus digerakkan, sehingga mata pencaharian masyarakat semakin beragam tidak melulu pada perkebunan, pertambangan, tanaman pangan,"tutupnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT