SMA Pintar Kuansing. ( ktc )

Seleksi Masuk SMAN Pintar Diperketat

Jumat,29 Januari 2016 - 08:01:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUKKUANTAN - Salah satu sekolah yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi adalah SMAN Pintar. Tidak mudah untuk menjadi pelajar di sekolah tersebut, karena harus melalui seleksi yang melibatkan para pelajar berprestasi di setiap kecamatan.

Tahun ini, seleksi masuk SMAN Pintar Kuansing ini bahkan lebih diperketat. Seleksi siswa SLTP berprestasi di setiap kecamatan tidak lagi dilakukan di tingkat kecamatan, namun dilakukan di tingkat kabupaten. Hal ini dilakukan guna meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Kuantan Singingi.

"Karena selama ini seleksi di masing-masing kecamatan itu tidak maksimal. Makanya tahun ini seleksinya kita pusatkan di kabupaten," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kuansing, Jupirman SPd kepada wartawan, belum lama ini.

SMAN Pintar Kuansing yang menjadi kebanggaan masyarakat, menurut Jupirman harus berisikan pelajar-pelajar yang bisa mengharumkan nama daerah di berbagai tingkatan. Oleh karenanya, seleksi masuk yang selama ini tidak maksimal perlu diperbaiki.

Seorang pelajar bisa ikut seleksi masuk SMAN Pintar, katanya, harus memiliki prestasi, yakni harus meraih peringkat 1 hingga 10 di kelas. Jika seleksi yang selama ini dipusatkan di kecamatan-kecamatan, diragukan kualitas siswa yang lulus. "Karena pengawasan bisa tak maksimal," katanya.

Nah, apabila seleksinya dipusatkan di kabupaten, Jupirman yakin, tahapan seleksinya akan semakin ketat, dan pengawasannya juga ketat. "Kita ingin yang lulus itu betul-betul terbaik dari yang terbaik," ujarnya.

Setiap tahun, ada sebanyak 75 pelajar yang diterima di SMAN Pintar. Setiap kecamatan berhak mengutus 5 pelajarnya untuk mengenyam pendidikan di sekolah tersebut. "Untuk ikut seleksi, setiap kecamatan mengutus 10 pelajar. Nanti akan diseleksi dan yang diterima hanya 5 pelajar," katanya.

Jupirman berharap, supaya SMAN Pintar teruss menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kuansing dengan mengukir prestasi di setiap bidangnya. "Itu harapan kita kedepan, karena sekolah ini didirikan oleh Bapak H Sukarmis adalah untuk melahirkan generasi yang pintar," ujarnya.(mad )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT