Advetorial Pembangunan Setda Kuantan Singingi I

Berhasil Gesa Insfrastruktur, Bupati Terima Penghargaan Otonomi Award dari Riau Pos Grup

Berhasil Gesa Insfrastruktur, Bupati Terima Penghargaan Otonomi Award dari Riau Pos Grup
Bupati Kuansing H Sukarmis. ( ktc )

 

 

TELUK KUANTAN – Senin ( 25/1/2016 ) mendatang, Riau Pos Grup bakal memberi penghargaan Otonomi Award kepada Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis. Penghargaan dari grup media terbesar di Riau tersebut karena Sukarmis dinilai berhasil memajukan insfrastruktur di daerahnya  ditengah berbagai tantangan diantaranya dana APBD yang cukup minim.

Lalu apa saja capaian pembangunan insfrastruktur yang berhasil dituntaskan H Sukarmis terutama di periode kepemimpinannya, atau selama tahun 2011 hingga tahun 2015. Menurut Sukarmis, usai dilantik untuk periode kedua, bersama jajaran Pemkab Kuansing, langsung bekerja terutama menggesa pelaksanaan pembangunan, salah satunya sarana dan prasarana insfrastruktur , mulai dari jalan, jembatan, proyek  strategis, listrik, pendidikan dan yang lainnya.
“ Periode kedua, Saya bersama seluruh SKPD Langsung tancap gas setelah dilantik, bekerja dan bekerja terus, membangun Kuansing, SKPD harus terus dimotivasi dan didorong agar bekerja dengan cepat, tuntas dan taat aturan, ”ujar Sukarmis.
 Apalagi tandasnya, selaku kepala daerah dirinya sudah memiliki visi dan misi yang dituangkan dalam RPJMD ( rencana pembangunan jangka menengah daerah ). “ Jadi  masing-masing SKPS mulai dari dinas,
badan, satuan, kecamatan, UPTD sudah punya mulai dari tahun 2011 hingga 2016 sudah tahu apa yang akan dilaksanakan dan apa targetnya,”ujarnya.
“ Semua program yang telah ditetapkan tersebut hasil Musrenbang bersama masyarakat dan diserasikan dengan tantangan dan pencapaian tingkat provinsi, pusat dan isu-isu strategis yang mempengaruhi kabupaten Kita ,”ujarnya.
Dari aspirasi yang berkembang dimasyarakat ujarnya, aspirasi mengenai insfrastruktur mulai jalan, jembatan, drainase air bersih, sekolah , turap penahan tebing, irigasi, listrik salah satu yang paling mendominasi dan diharapkan dapat diselesaikan.

Untuk insfrastruktur jalan, kata  Sukarmis, aspirasi yang berkembang terdiri dari pengaspalan jalan, pembukaan jalan baru , jalan semenisasi,  jembatan,  drainase, turap penahan tebing, saluran irigasi.
“ Itu yang banyak, kalau jalan sudah ada mereka minta diaspal, kalau jalan dalam bentuk tanah mereka minta dikeraskan ( Sirtu ), lalu untuk lingkungan atau gang minta disemenisasi,”ujar Sukarmis.

Kemudian untuk jembatan memang mereka harapkan. “  Jembatan juga banyak,  namun dengan APBD terbatas, Kita utamakan pembangunan jembatan di jalan-jalan poros seperti jalan dari Sangau, Seberang Taluk, Benai, Koto Rajo hingga Pulau Bayur Cerenti, atau ruas jalan Jake –Lubuk Ambacang – Lubuk Jambi, kalau jembatan rusak atau belum ada sangat menganggu transportasi secara menyeluruh bagi warga yang tinggal di ruas jalan utama yang ada seperti dua ruas jalan yang disebutkan tadi, masih banyak ruas jalan  utama diluar yang disebutkan tadi, itu hanya contoh,”ujarnya.

Begitu juga dengan drainse dan turap kata Sukarmis banyak disampaikan warga. “ Turap misalnya, karena akibat abrasi, tebing banyak runtuh. Kalau tidak diturap makin dekat ke pemukiman dan areal pertanian, bahkan ke jalan dan jembatan. Ancaman abrasi ini juga fokus Kita tangani sebaik-baiknya,”ujar Sukarmis.

Untuk saluran irigasi kata Sukarmis, aspirasinya juga sangat banyak. Dimusim kemarau dan perubahan iklim yang terjadi saat ini, stok air tidak menentu terutama bagi petani  sawah, pemilik kolam dan peternak.

“ Saluran irigasi salah satu tempat bagi warga mendapatkan air agar sawah mereka berair, atau kolam ikan mereka ada air, dan tempat minum bagi ternak-ternak, makanya saluran Irigasi juga mendapat perhatian ekstra, ”ujarnya. ( bersambung )

Berita Lainnya

Index