Honor Kades Kades Rp 1,5 Juta Sebulan

Honor Kades Kades Rp 1,5 Juta Sebulan
topi jabatan Kades . ( isa )



TELUK KUANTAN -Pada tahun 2013 mendatang, Bupati H Sukarmis menyebutkan pihaknya telah mengusulkan untuk meningkatkan honor kepala desa dari sebelumnya Rp 1.270.000 menjadi Rp 1.500.000.

Hal ini disebutkan SUkarmis yang dikutip wartAwan pada saat dirinya berbincang dengan salah seorang sekretaris desa dari Kecamatan Pangean di Aula Bappeda belum lama ini.

"Besok kamu maju jadi Kades aja, kan lumayan honornya cukup besar, apalagi 2013 ini kita usulkan honornya jadi Rp 1,5 juta, belum lagi tunjangan lainnya,"ujar Bupati kepada salah seorang kades tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Bupati sedikit menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengajukan untuk kenaikan honor Kades pada RAPBD 2013 ini."Tapi itu kan masih rencana, kalau tidak di coret DPR nanti,"ujarnya.

Secara terpisah, Kades Seberang Taluk Hilir, Sukardi saat dimintai tanggapannya tentang rencana pemkab Kuansing untuk menaikan honor Kades tersebut tentu sangat menyambut baik rencana tersebut. "Kalau honornya naik tentu akan menjadi motivasi bagi kita untuk bekerja maksimal dengan meningkatkan kinerja,"ungkapnya.

Upaya Kades untuk meningkakan gaji mereka sudah lama disuarakan. Bahkan Forum Komunikasi Kepala Desa se-Kuansing sudah beberapa kali agar gaji Kades naik atau disetarakan dengan gaji pegawai honor. Selain Kades, Pemkab Kuansing selama ini juga memberikan honor kepada perangkat desa lainnya seperti Sekdes dan tiga Kepala Urusan ( Kaur ) masing-masing  Kaur Pemerintahan, Kaur Pembangunan dan Kaur Trantib.

Tidak hanya itu Pemkab juga memberikan honor bagi Ketua BPD dan anggota BPD se-Kuansing. Disamping honor bagi Kades dan BPD, setiap tahun dari dana APBD Pemkab Kuansing juga mengalokasikan alokasi dana desa ( ADD ) sebesar Rp 50 Juta setiap tahun nya. Disamping dari dana APBD Kuansing, Kades juga mendapatkan bantuan operasional dari Pemprov Riau sebesar Rp 1 Juta setiap bulannya.( isa )

Berita Lainnya

Index